Trik Umur Panjang Baterai Smartphone

By on April 23, 2014
baterai-hape-140130b

Seperti kita ketahui sebelumnya, Smartphone bisa digunakan untuk membantu mengerjakan banyak hal yang dibutuhkan oleh manusia, mulai dari mengecek e-mail, memotret, membaca berita, sampai beraktivitas dengan berbagai media sosial dan pesan instan lainnya. Tapi sayangnya, karena dengan begitu banyak fungsi tersebut, akhirnya akan mempersingkat umur baterai.

Kebanyakan -rata smartphone saat ini hanya memiliki waktu pakai 4 sampai 5 jam saja jika digunakan secara terus menerus. Tentu saja waktu tersebut dianggap tidak cukup untuk menemani aktivitas penggunanya dalam seharian penuh, belum lagi jika kita terbentur dengan masalah baterai smartphone yang ngedrop. Untuk itu, berikut ini merupakan beberapa tips untuk meng-charge smartphone yang baik dan benar supaya baterai bisa berumur panjang dan dapat digunakan lebih lama.

Jangan dibiarkan habis

Sampai saat ini banyak yang mengatakan supaya baterai smartphone sebaiknya dibiarkan habis terlebih dahulu sebelum di-charge kembali. Sebenarnya hal itu memang tepat, tetapi sayangnya itu hanya berlaku untuk baterai dengan bahan nikel saja yang jsutru saat ini sudah mulai ditinggalkan oleh para produsen smartphone, sehingga saran di atas sudah tidak relevan lagi jika digunakan pada smartphone di era sekarang.

Ponsel pintar modern saat ini sudah banyak menggunakan baterai berbahan litium-ion yang juga cara perawatannya berbeda dari baterai bahan nikel yang selama ini kita kenal. Baterai smartphone sebaiknya dijaga supaya daya yang disimpan di dalamnya tetap di atas 50 persen atau minimalnya 20 persen dari total daya tahan baterai. Sebagai catatan, memang sesekali baterai juga perlu dipakai sampai habis total minimalnya sekali dalam sebulan untuk keperluan kalibrasi saja.

Jangan di-charge semalaman

Karena kebiasaan membiarkan baterai terhubung dengan charger semalaman sambil ditinggal tidur juga ternyata ternyata tidak baik untuk umur baterai tersebut. Walaupun beberapa charger bisa memutus arus listrik jika daya sudah terisi 100 persen secara otomatis, tapi membiarkan baterai selalu berada dalam kondisi 100 persen terisi juga tidak baik untuk umur baterai.

Cara yang benar adalah mengisi baterai sebentar saja hingga terisi penuh secara berkali-kali malah lebih baik untuk kesehatan baterai jika dibanding dengan cara membiarkan baterai dalam kondisi nol persen atau 100 persen secara terus-menerus. Hal tersebut karena baterai litium juga rawan jika dibiarkan sering kehabisan daya sebab baterai tersebut juga memiliki komponen yang bisa digunakan untuk merusak baterai itu sendiri yang berguna untuk mencegah agar baterai tidak meledak.

Hindari tempat yang panas

Sebaiknya hindarkan smartphone anda dari tempat-tempat yang panas terlalu lama, contohnya saja di dashboard mobil di bawah kaca depan mobil, ataupun diatas terik matahari secara terus menerus. Hal tersebut karena panas yang terpapar bisa merusak baterai ponsel pintar anda.

Agar-Baterai-Smartphone-Tidak-Cepat-Habis-dan-Rusak-Baca-Tips-Berikut

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *