Trik Rawat Baterai MacBox

By on September 17, 2013
Trik Rawat Baterai MacBox

Penasaran dengan trik merawat baterai MacBox? Berikut ini ada informasi seputar trik merawat baterai MacBox. Trik yang pertama adalah dengan menjaga suhu baterai agar suhu baterai tetap rendah. Perlu Anda ketahui bahwa suhu tinggi pada baterai dapat merusak dan mengurangi performa baterai secara signifikan. Cara menjaga suhu baterai agar tetap rendah adalah dengan menggunakan MacBox di tempat yang bersuhu dingin saat sedang mengaktifkan aplikasi.

Trik yang kedua adalah dengan  menggunakan baterai satu minggu sekali saja dengan catatan jika Anda selalu menyalakan AC Power Anda. Cukup gunakan baterai hingga sisa 40 persen saja kemudian baru isi ulang baterai Anda dengan menggunakan AC power Anda.

Trik yang ketiga yaitu dengan melakukan kalibrasi pada baterai Anda setiap dua bulan sekali. Kalibrasi ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas baterai sehingga Anda akan siap mengisi kembali power baterai Anda jika kapasitasnya sudah mulai kritis.

Trik yang terakhir dari pengisian ulang yang baik untuk baterai adalah jika kondisi baterai hanya bersisa 50 persen. Trik yang satu ini bertujuan untuk mencegah penurunan performa baterai dan kondisi baterai yang benar-benar kosong kapasitasnya.

Seringkali kita mendengar mitos-mitos seputar penggunaan baterai. Beberapa mitos soal penggunaan baterai ini antara lain:

Pertama, men-charge baterai yang baru selama 8 jam. Pendapat ini hanyalah mitos. Baterai baru bisa langsung digunakan tanpa harus di-charge selama 8 jam sebelumnya. Kondisi di mana baterai baru di-charge selama 8 jam dalam  kondisi mati disebut priming. Jadi kini Anda tak perlu lagi men-charge baterai selama 8 jam  karena tidak akan mempengaruhi performa baterai Anda. Hanya baterai berjenis nickel-based saja yang membutuhka npriming.

Kedua, mitos yang menyebutkan bahwa melepas baterai saat menggunakan AC power/ charger  konon katanya dapat menjaga kualitas dan performa baterai. Sebenarnya mitos ini tidak benar karena tidak membawa pengaruh apapun pada baterai Anda.

Mitos lainnya yaitu men-charge baterai hingga penuh itu baik, padahal sebenarnya men-charge baterai justru akan merusak baterai Anda.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *