Trik Periksa Hardware Komputer

By on November 25, 2013
5. Trik Periksa Hardware Komputer 1

Siapa bilang mengecek performa hardware komputer adalah pekerjaan yang sulit. Anda pun bisa melakukannya sendiri. Hardware memang perlu dicek performanya secara rutin. Tujuannya agar komputer tetap berfungsi secara optimal. Anda tidak perlu meminta teman teknisi komputer yang ahli di bidang teknologi untuk memeriksa performa hardware komputer Anda. Memeriksa performa hardware komputer tak harus dengan menggunakan skill khusus. Ada beberapa trik sederhana memeriksa performa hardware komputer. Apa saja triknya, simak saja informasinya berikut ini.

Jika Anda menjumpai komputer Anda bermasalah saat Anda operasikan, mungkin saja ada komponen yang mengalami kerusakan sehingga berpengaruh pada performa komputer Anda. Beberapa jenis komponen yang terdapat pada perangkat hardware antara lain kipas, CPU, hard disk, GPU, hard disk SSD. Dan RAM. Nah bagi Anda yang menggunakan windows 7 atau windows 8, Anda akan jauh lebih mudahmemeriksa kelayakan komputer Anda. Mengapa? Karena komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 8 atau Windows 8 memilikisoftware yang memiliki kemampuan untuk memeriksa hardware. Software ini sudah menjadi bagian dari kedua jenis sistem operasi ini. Jadi, Anda tak perlu menginstal program atau software apapun untuk kemudian Anda gunakan untuk memeriksa hardware komputer Anda.

1. Gunakan resource dan performa monitor

Untuk membuka tool resource dan Peformance Monitor ini, Anda tekan tombol Windows pada keyboard komputer Anda. Lalu tekan R. Secara otomatis di monitor komputer Anda akan muncul halaman dengan instruksi perform atau report. Langkah selanjutnya adalah Anda pilih OK dan klik bagian OK tersebut. Halaman baru akan muncul dan komputer akan mulai mengumpulkan data. Prosesnya cukup lama,jadi Anda wajib bersabar. Silahkan Anda lihat pada bagian Diagnostic Results-Warnings dan resource Overview. Di halaman ini Anda akan menemukan sumber permasalahan yang menyebabkan komputer Anda menurun performanya. Anda juga akan menemukan solusi agarsumber masalah tersebut hilang.

2. Coba tes RAM dengan menggunakan Windows Memory Diagnostic

Anda juga bisa menggunakan Windows Memory Diagnostic untuk mengecek menguji RAM komputer Anda. Anda bisa memulainya dari Start Menu kemudian Administrative Tools lalu Windows Memory Diagnostic. Setelah Anda klik, Anda akan mendapatkan dua pilihan yaitu restart komputer dan lakukan pengujian sekarang atau lakukan pengujian setelah komputer restart. Saat komputer Anda restart, pada monitor Anda akan melihat teks yang berisi info pengujian memori yang sedang diproses. Setelah pengujian selesai, akan muncul notifikasi dengan menampilkan bagian-bagian yang error.   Jika tidak ada bagian yang error, tidak ada notifikasi di monitor.

Bagaimana, cukup mudah dan simpel, bukan? Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti beberapa step yang sudah disebutkan diatas. Silahkan mencoba.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *