Trik Perbaiki Hardisk Bad Sector pada Windows 7

By on November 9, 2013
5. Trik Perbaiki Hardisk Bad Sector pada Windows 7 1

Timbulnya gangguan bad sectors pada hardisk penyebabnya cukup banyak. Salah satunya adalah komputer yang tiba-tiba mati. Kemudian penyebab lainnya yaitu jatuhnya hardisk, usia hardisk yang sudah tua (lebih dari 5 tahun), atau juga oleh serangan virus. Jika penyebabnya adalah terjatuh, mungkin yang membuat hardisk mengalami bad sector adalah karena piringan cakramnya tergores. Kerusakan ini tak bisa diperbaiki. Berbeda jika kerusakan terjadi pada bagian software atau logical hardisk-nya, hardisk masih bisa diperbaiki. Akan tetapi, Windows 7 itu sendiri mempunyai fitur tersendiri untuk memperbaiki bad sector yang terjadi pada hardisk . Ada dua pilihan  perbaikan yang ditawarkan oleh fitur ini. Keduanya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperbaiki bad sector pada hardisk Windows 7. Cara memperbaikinya bagaimana? Simak informasinya berikut ini.

1. Silahkan Anda buka My Computer dan klik drive yang akan Anda perbaiki. Kemudian pilih Properties.

2. Pilih bagian Tab Tools lalu pilih lagi bagian Error-Checking  dan klik tombol Check Now.

3. Anda akan menemui dua pilihan antara lain Scan for and Attempt Recovery of Bad Sectors dan Automatically fix file system errors pada komputer Anda.

4. Klik keduanya hingga muncul tanda checklist pada kedua kotak pilihan di atas.

5. Klik pilihan start.

6. Silahkan Anda tunggu hingga prosesnya selesai dan recovery atau perbaikan pun berhasil.

Cara memperbaiki bad sectors pada hardisk windows 7 ini juga bisa Anda gunakan sebagai fitur untuk melakukan maintenance hardisk milik Anda. Dengan sering melakukan maintenance pada hardisk  komputer Anda, performa komputer Anda dijamin akan selalu terjaga dari kerusakan. Nah, sangat mudah bukan? Jadi saat Anda menemui masalah pada hardisk komputer Anda khususnya masalah bad sectors pada hardisk windows 7 Anda, Anda tidak perlu repot meminta bantuan orang lain yang dianggap paham dengan dunia komputer dan teknologi. Anda bisa memperbaikinya dengan tangan Anda sendiri. Tentunya dengan memperhatikan dan mengaplikasikan trik-trik di atas. Selain sebagai ajang untuk belajar, Anda juga akan mendapatkan kepuasan tersendiri saat berhasil memperbaikinya. Anda juga bisa membagikan ilmu Anda ini pada teman-teman Anda yang mengalami masalah yang sama seperti Anda. Caranya yaitu dengan membantunya langsung memperbaiki kerusakan hardisk milik teman Anda atau bisa juga dengan membagikan trik-trik Anda pada teman Anda. Tentu Anda juga akan senang karena sudah berbagi ilmu.

Dengan cara ini juga, komputer Anda dijamin tidak akan lemot karena hardisknya terjaga dengan baik. Jangan lupa untuk memasang anti virus yang terpercaya agar virus-virus tak meretas di komputer Anda. Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu penyebab terjadinya bad sectors adalah karena adanya serangan virus  yang masuk ke dalam perangkat lunak komputer Anda. virus-virus ini memiliki potensi untuk merusak program-program yang ada di dalam komputer Anda.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *