Trik Merawat Printer Agar Tahan Lama

By on November 27, 2015
3.Trik Merawat Printer Agar Tahan Lama2

Ada kalanya Anda harus mencetak data baik data berupa teks ataupun gambar. Printer menjadi alat cetak yang paling bisa diandalkan untuk membantu Anda. Tentu saja, Anda harus memastikan jika printer milik Anda tersebut bisa bekerja secara maksimal.

Bayangkan jika printer Anda rusak atau tidak bekerja maksimal padahal Anda membutuhkan perangkat ini untuk mencetak secepatnya. Karena itu, ada baiknya untuk merawat printer agar tidak cepat rusak. Hal yang wajib Anda lakukan secara berkala adalah membersihkan printer dari kotoran atau debu yang menempel pada printer tersebut.

Bahkan, Anda disarankan untuk membersihkan printer setiap hari. Anda cukup mengelap printer tersebut hingga bersih. Jangan remehkan debu atau kotoran yang menempel pada printer. Jika dibiarkan dan menumpuk, maka performa printer Anda akan terganggu.

Bentuk fisik printer pun tidak menarik lagi. Ada baiknya memiliki printer dengan tampilan yang bersih dan kualitas cetakan yang prima. Hal lain yang harus Anda lakukan untuk merawat printer kesayangan Anda adalah dengan membersihkan area stasiun printer.

Sama halnya dengan pembersihkan bodi printer, pembersihan area stasiun printer juga harus dilakukan secara berkala. Anda harus berhati-hati saat membersihkan area ini agar tidak terjadi goresan. Gunakan kain dengan bahan yang lembut seperti kain katun.

Kemudian gosokkan perlahan hingga area tersebut nampak bersih. Jangan lupa pula untuk membersihkan area katrid printer. Untuk area ini, Anda bisa menggunakan kain yang dibasahi terlebih dahulu dengan alkohol.

Jika kedua area tersebut bersih, maka performa printer akan lebih maksimal. Hasil cetakan juga lebih sempurna dan tidak ngadat di tengah proses pencetakan. Bagaimana jika Anda memiliki printer jenis laser?

Sebagai informasi, merawat printer jenis laser tidak terlalu berbeda dengan jenis printer biasa. Yang paling penting, jangan lupa untuk mematikan printer terlebih dahulu. Kemudian, bersihkan semua bagian printer seperti kertas rol, ventilasi kipas, kabel transfer, toner, dan lain-lain.

Lakukan dengan hati-hati agar tidak menggores bagian-bagian tersebut. Jika sudah dipastikan bersih, coba tes dengan melakukan pencetakan. Sebaliknya, jika hasilnya masih belum maksimal dan terdapat kotoran saat mencetak, maka ulangi proses pembersihan hingga hasil cetaknya sempurna.

Jika hasilnya sudah bagus, maka printer Anda sudah bersih dan siap untuk membantu Anda kembali. Alat lain yang bisa digunakan untuk membersihkan printer adalah perangkat semprotan udara. Alat ini cukup efektif untuk membersihkan debu yang menempel di seluruh bagian printer.

Satu bagian lagi yang harus Anda bersihkan adalah bagian printhead. Cara membersihkannya berbeda karena Anda membersihkan dengan menggunakan program komputer. Cari program tersebut di menu control panel kemudian pilih printing preferences.

Pilih printer yang aktif kemudian printer akan membersihkan bagian tersebut secara otomatis. Nah, dengan merawat printer secara berkala, Anda akan menghemat biaya karena printer tidak sering rusak.

Merawat Printer

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *