Trik Meng-Enkripsi File dengan Menggunakan Browser

By on December 15, 2013
5. Trik Meng-Enkripsi File dengan Menggunakan Browser 2

Berita yang baru-baru ini hangat diperbincangkan adalah soal penyadapan yang dilakukan oleh Amerika serikat dan Australia terhadap Indonesia. Hal ini banyak menimbulkan dampak terhadap hubungan internal dua negara tersebut. Rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia membumbung tinggi, para hacker Indonesia pun bersatu untuk meluluh lantahkan situs situs  yang sangat penting di Australia. Sebuah situs penting, misalnya, pernah menjadi target penyadapan  hingga akhirnya berhasil disadap dan dibuat down oleh para hacker Indonesia. Dengan adanya Penyadapan ini, tentunya sebagai masyarakat Indonesia pasti punya perasaan tidak tenang.  Adapun salah satu cara untuk mengantisipasi adanya penyadapan yaitu dengan cara enskripsi file. Hal ini adalah cara sederhana untuk melakukan perlindungan terhadap file-file penting.

File Lock adalah layanan eksripsi file yang sangat fantastis yang dijalankan dengan teknologi HTML5. Anda bahkan tak perlu memasang plugin ke bagian browser Anda. Anda tinggal mengakses website mereka lalu pilih file-file yang akan Anda enkripsi. Anda juga boleh meng-enkripsi satu file saja. langkah selanjutnya yaitu silahkan Anda masukan password dan pilih tombol encrypt. Silahkan Anda tunggu beberapa detik dan browser Anda telah berhasil Anda enskripsi. File-file yang ada di dalam browser Anda juga akan secara otomatis ter-enkripsi. Perlu Anda ketahui bahwa file yang berukuran kurang dari 100 Kb, hanya membutuhkan satu detik saja untuk dienksripsi. Mudah, cepat, dan praktis, bukan?

encrypt file

Semua jenis file bisa dienkripsi. Namun disarankan untuk tidak meng-enkripsi file terlalu banyak atau file-file yang berukuran besar. Ukuran maksimal file yang boleh dienkripsi adalah 30 MB. Namun ada juga file dengan ukuran 50 MB berhasil dienkripsi dengan baik dan cepat. Jika Anda ingin melakukan enkripisi  file dalam jumlah banyak atau file-file yang berukuran besar, sebaiknya Anda gunakan program TrueCrypt. Saran untuk Anda yang sudah berhasil mengenkripsi file-file yang dikehendaki,  sebaiknya hapus saja file-file asli Anda. Jika tidak dihapus hanya akan memenuhi memori PC Anda saja karena ada dua file yang sama di PC anda.

Ada cara lain mengenkripsi file, yaitu menggunakan situs Securesha.re. Terdengar asing memang, namun situs ini adalah situs berdomain Perancis yang cukup dipercaya. Situs ini dapat menenkripsi file-file melalui peramban Anda. Anda juga boleh mengunduh file Anda. Cara mengenkripsi file dengan situs ini yaitu pertama enkripsi file dengan password yang Anda pilih atau juga bisa secara acak. Kedua, sediakan tautan yang sudah dipastikan aman. Pastikan juga tautan tersebut memperbolehkan Anda atau orang lain mengunduh file tersebut. Hebatnya lagi situs ini tak hanya memiliki kemampuan enkripsi file saja, melainkan juga dapat melakukan empat hal lainnya, yaitu mengenkripsi file-file yang ingin di-share, mengupload file-file ke situs ini, penerima dapat mendownload dari tautan yang diberikan, dan peramban penerima dapat juga menenkripsi file-file lokal sebelum ia menyimpan file-file tersebut.

encrypt file

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *