Trik Fotografi Makro Hanya Dengan Smartphone Anda

By on June 13, 2015
2. Trik Fotografi Makro Hanya Dengan Smartphone Anda 2

Membuat efek makro pada photo biasanya hanya bisa dilakukan jika Anda mempergunakan kamera DSLR atau kamera profesional yang lain. Fotografi makro adalah salah satu teknik dalam mengambil foto yang menghasilkan gambar close up dari jarak jauh. Jika Anda tak punya kamera DSLR, jangan khawatir, sekarang fotografi makro bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone.

Namun  tentunya tak semua smartphone bisa melakukanya. Hanya smartphone  yang mempunyai fitur makro dan HDR yang bisa melakukanya. Fitur-fitur ini biasanya sudah ada pada ponsel kelas menengah dan juga ponsel premium seperti pada smartphone buatan Samsung, LG, atau HTC. Namun jika Anda tak punya cukup uang untuk membeli perangkat smartphone premium buatan vendor tersebut, jangan khawatir, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membuat efek fotografi makro dengan smartphone kelas entry dan menengah.

Yang pertama harus Anda lakukan adalah mengaktifkan fitur Makro dan HDR. Tujuannya adalah menciptakan efek seolah-olah foto yang Anda ambil adalah foto makro. Cara ini bertujuan untuk menciptakan sebuah objek yang difoto secara close-up dan diberikan background sedikit blur sehingga efek yang tercipta mirip fotografi Makro. Mengaktifkan fitur makro atau HDR bertujuan agar kamera menangkap dua gambar secara bersamaan yang akan diproses secara otomatis dengan ditambahkan fitur Lowlights dan Highlight sehingga foto yang Anda ambil semakin tajam.

Berikutnya, Anda bisa memakai aksesoris untuk menangkap gambar makro, caranya adalah dengan membeli sebuah lensa kit makro atau bisa Anda lakukan dengan meneteskan sedikit air pada lensa kamera smartphone Anda. Cara ini akan memudahkan Anda mengambil foto makro dan memberikan efek unik pada foto Anda ambil. Untuk kualitas foto makro, usahakan agar smartphone Anda tidak bergoyang, untuk keperluan ini Anda bisa memakai tripod atau bluetooth shutter  yang sering dipakai untuk berselfie.

Trik berikutnya adalah bereksperimen dengan sudut pengambilan gambar. Dengan sudut yang berubah, maka foto yang Anda ambil akan mempunyai efek dramatis. Cobalah bereksperimen dengan berbagai sudut pengambilan foto yang berubah-rubah dan bandingkan hasilnya. Selain itu Anda juga bisa melakukan pengambilan foto dengan sudut-sudut yang cukup nyleneh atau extrem agar foto Anda juga terlihat unik. Jangan malu untuk meliuk-liukan tubuh agar objek yang Anda potret mendapatkan pencahayaan yang pas.

Harus Anda ketahui bahwa foto makro yang baik dihasilkan dengan komposisi yang pas,baik exposure, fokus,maupun objek foto itu sendiri. Intinya adalah objek yang Anda foto harus nampak menonjol daripada backgroundnya, oleh sebab itu memberikan efek blur pada background sudah bisa menghasilkan efek foto makro, tinggal bagaimana Anda meramu besaran pencahayaan dan juga fokus kamera. Foto yang bagus juga tak bisa dihasilkan secara instan, Anda harus mencoba berkali-kali hingga menemukan ramuan foto yang pas untuk efek ini.

Fotografi Makro

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *