Trik Back Up Data di Hard Disk

By on December 17, 2013
5. Trik Back Up Data di Hard Disk 1

Hard Disk merupakan perangkat untuk menyimpan data pada komputer. Seperti perangkat-perangkat elektronik lainnya, Hard Disk juga rawan mengalami kerusakan yang terkadang tidak bisa kita duga. Jika Hard Disk rusak, ada kemungkinan data-data yang tersimpan di dalamnya juga hilang. Nah, agar data-data Anda tetap terlindungi di dalam Hard Disk Anda, Anda perlu melakukan back up data Anda secara teratur. Untuk melakukannya tidaklah sulit. Gunakan saja software Macrium Reflect Free Edition yang dapat Anda unduh dan install secara gratis ke komputer Anda. Macrium Reflect Free Edition merupakan sebuah program yang dirancang untuk mem-back up dan mengembalikan data-data yang ada di dalam sebuah hard disk. Dengan menggunakan software ini Anda dapat melakukan back up data secara keseluruhan. Anda juga bisa melakukan back up beberapa jenis data yang Anda inginkan. Lantas bagaimana caranya? Simak saja informasinya berikut ini.

1. Download terlebih dahulu software Macrium Reflect Free Edition dan lakukan instalisasi pada komputer Anda.

2. Aktifkan software Macrium Reflect Free Edition kemudian klik pilihan backup ><create image

3. Sesaat kemudian akan melihat jendela Welcome to the create image wizard, lalu klik

4. Pada menu Partition Selection, silahkan Anda pilih drive/ partisi yang akan Anda back up.

5. Klik next untuk melanjutkan proses berikutnya

6. Silahkan Anda tentuka lokasi penyimpanan file image Anda/ backup destination

back up data

7. Setelah itu akan muncul jendela yang berisi complete >imaging operation. Anda bisa mengklik pilihan finish. Atau jika Anda ingin melakukan pengaturan terlebih dahulu, silahkan Anda klik pilihan advanced.

8. Pada jendela yang berisi Advanced Setting, Anda bisa segera melakukan pengaturan yang Anda inginkan. Pada jendela ini terdapat dua pilihan: intelligent sector copy dan file size.

9. Langkah terakhir yaitu klik OKE. Dengan demikian Anda sudah berhasil memback up data Anda kususnya data yang berupa gambar/ image.

Software Macrium Reflect Free Edition dapat melakukan back up data pada drive C yang berkapasitas 15,4 GB. File yang dihasilkan seperti image file akan berukuran 11,5 GB dalam waktu back up 11.37 menit. Nah, jika Anda ingin mengaktifkan jadwal back up (scheduled back up) agar komputer Anda memback up data secara otomatis, caranya juga sangat mudah.

1. Aktifkan aplikasi Macrium Reflect Free kemudian klik jendela XML Definition File, lalu klik kanan pada file XML yang sudah Anda buat. Kemudian klik schedule.

2. Di jendela selanjutnya, Anda dapat membuat jadwal kapan Anda akan menggunakan scheduled backup.

Bila Anda tidak mempunyai kapasitas  hard disk yang besar, sebaiknya tak usah terlalu sering memback up hard disk  Anda. Alasannya aplikasi Macrium Reflect Free hanya bisa melakukan back up data secara keseluruhan per partisi atau hard disk-nya saja. Artinya, Macrium Reflect Free tidak dapat melakukan back up per-file atau per-folder.

back up data

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *