Trend Gaya Hidup Berubah, Google Tetap Kebanjiran Untung

By on July 24, 2014
3.Trend Gaya Hidup Berubah, Google Tetap Kebanjiran Untung.3

Google telah menjadi sebuah perusahaan teknologi yang berhasil mendapat banyak keuntungan dari pergeseran trend gaya hidup komputasi ke perangkat ponsel pintar atau smartphone. Bahkan posisi Google saat ini cukup di atas angin dengan rival sekelas Microsoft. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya angka pendapatan yang diperoleh perusahaan dari iklan digital yang diterbitkan di perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Google sendiri telah melaporkan pendapatannya di kuartal dua tahun 2014 ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu sebesar 22 persen menjadi USD 15,96 miliar di mana sebagian besar pendapatan tersebut diperoleh dari sektor iklan digital. Pada kuartal ini, jumlah ikan yang diperoleh berdasar klik mengalami peningkatan sebesar 25 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Tetapi, harga rata – rata untuk iklan di ponsel pintar mengalami penurunan sebesar 6 persen daripada iklan online yang muncuk di komputer pribadi. Hal ini disebabkan karena ponsel pintar memiliki ukuran layar yang lebih kecil daripada layar komputer desktop atau laptop.

“Perusahaan Google telah berhasil melakukan transisi bisnis dari trend gaya hidup menggunakan komputer pibadi / laptop ke ponsel pintar. Potensi dalam bisnis ponsel pintar ini dapat dikatakan jauh lebih menguntungkan daripada di komputer pribadi,” ungkap pakar analisis dari Deutsche Bank, Ross Sandler seperti dikuti dari Reuters kemarin (22/7).

gaya hidup, google, tren baru, teknologi

Selain dari pendapatan iklan digital, analisis menyebutkan bahwa pertumbuhan penghasilan Google yang signifikan ini juga didukung oleh bisnis search engine atau mesin pencari konten internet Google dan juga situs video terbesar YouTube. Bila iklan, mesin pencari, dan Youtube ini dikombinasikan, ketiganya benar – benar berhasil mendatangkan trafik 3 kali lebih besar daripada perangkat mobile.

Tidak hanya itu, sumber kekayaan Google saat ini juga termasuk sistem operasi mobile miliknya yaitu OS Android yang saat ini berhasil menguasai industri ponsel pintar. Bahkan penggunaan Android mobile secara global lebih banyak dibandingkan Windows Phone milik Microsoft dan OS iOS dari Apple.

Perusahaan berbasis teknologi lainnya seperti jejaring sosial Facebook dan Twitter juga sedang berusaha untuk melakukan pembenahan bisnis ikan digital mereka dengan mulai merambah ke perangkat mobile. Tetapi, perusahaan finansial RBC Capital Markets melaporkan bahwa Google jauh lebih agresif. Bahkan, perusahaan Google juga rela untuk menanam investasi yang besar untuk bisnis perangkat mobile.

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, investasi perusahaan Google untuk bisnis ini telah melebihi angka 17 miliar dollar Amerika Serikat. Sementara itu, perusahaan juga telah menghabiskan setidaknya 13 miliar dollar AS hanya untuk biaya penelitian. Hal ini membuktikan bahwa Google memang benar – benar konsisten dan berniat untuk mengembangkan diri demi meraup keuntungan yang lebih besar dari pergeseran trend gaya hidup yang terjadi saat ini.

Sumber:http://tekno.kompas.com/read/2014/07/22/12584287/Tren.Bergeser.Google.Tetap.Raup.Untung

gaya hidup, google, tren baru, teknologi

BACA JUGA:

Twitter User Indonesia Dengan Follower Terbanyak

Akun YouTube Asli Indonesia Yang Paling Laris

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *