Tombol Start pada Windows 8.1

By on November 17, 2013
1.Tombol Start pada Windows 8.11

Tidak bisa dipungkiri bahwa Windows merupakan sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Sistem operasi ini juga menjadi sistem operasi favorit yang banyak dipakai oleh pengguna komputer di Indonesia. Para pengguna dan pecinta Windows tentu akan sangat menantikan produk sistem operasi terbaru yang menawarkan perbedaan dan menjadi penyempurna untuk sistem operasi versi lama.

Microsoft sukses meluncurkan produk Windows 7 yang seakan membayar kekecewaan pengguna akan sistem operasi Windows Vista yang dianggap produk gagal. Setelah kesuksesan Windows 7, Microsoft kemudian meluncurkan sistem operasi terbaru Windows 8 yang boleh dikatakan lebih ringan dibandingkan dengan Windows 7 dan mengakomodasi pengguna komputer dan ponsel dengan layar sentuh yang semakin populer akhir-akhir ini.

Jika Anda merupakan pengguna setia produk sistem operasi buatan Microsoft ini, Anda tentu akan menyadari perbedaan mencolok antara produk sistem operasi Windows 7 yang dari segi tampilan tidak berbeda jauh dari versi sebelumnya dengan produk sistem operasi teranyar Windows 8 yang benar-benar berbeda. Satu hal yang mungkin paling Anda cermati adalah tombol start. Biasanya Anda akan mengakses aplikasi dalam PC Anda dengan mengklik tombol Start termasuk pada Windows 7, tetapi tombol ini tidak Anda temukan dalam Windows 8 karena semua aplikasi sudah ditampilkan di layar komputer tanpa perlu mengklik tombol Start.

Namun, banyak pengguna Windows yang tetap saja mencari-cari tombol Start tersebut dan merasa ada yang kurang tanpa adanya tombol Start ini. Oleh karena itu, Microsoft mengembalikan tombol Start tersebut melalui Windows 8.1. Akan tetapi, pengembalian tombol Start ini dimaksudkan agar pengguna mempunyai lebih banyak pilihan meskipun fungsi tombol Start pada Windows versi sebelumnya tidak akan Anda temukan pada versi Windows terbaru.

Jika dahulu tombol Start digunakan untuk mencari ikon dan data, fungsi ini sebenarnya sudah digantikan pada Windows 8 dalam bentuk ikon hidup (live tiles) yang ditampilkan di layar. Live tiles ini bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan dan prioritas. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bantuan tombol Search yang juga disediakan untuk mencari data atau ikon yang diinginkan.

Nah, pada Windows 8.1, tombol Start kembali muncul pada tampilan layar utama pada desktop komputer. Namun, saat Anda mengklik tombol ini, Anda akan langsung menemukan tampilan appas icon atau live tiles yang bertebaran sesuai dengan pengaturan yang dibutuhkan oleh pengguna. Jika data yang dibutuhkan oleh pengguna tidak bisa langsung ditemukan, Anda bisa menggunakan tombol Search pada sisi kanan layar yang bisa diakses dalam satu kali swipe.

Dengan cara ini, Microsoft berusaha untuk mengakomodasi keinginan pengguna tanpa menghilangkan tujuan masa kini dan masa mendatang dalam Windows 8.1. Mungkin hal ini juga dilakukan untuk membantu pengguna beradaptasi dengan sistem yang ditawarkan oleh Microsoft ke depannya.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *