Tips Pilih Perangkat Android

By on December 17, 2013
4. Tips Pilih Perangkat Android 1

Android adalah salah satu jenis sistem operasi yang kini sangat populer dan banyak digunakan di perangkat-perangkat. Salah satu perangkat yang sangat identik dengan penggunaan sistem operasi Android adalah Smartphone. Para vendor di dunia kini berlomba-lomba menciptakan dan merilis Smartphone Android dengan desain dan spesifikasi yang berbeda. Tujuannya hanya satu, yaitu menarik perhatian calon konsumen agar banyak konsumen yang membeli produk Smartphone Android-nya. Para vendor juga tak lupa mempromosikan bahwa produknya adalah produk ponsel pintar dengan harga yang terjangkau namun kualitas tetap nomor satu. Nah, agar Anda tak salah pilih saat akan membeli Smartphone Android, baiknya Anda simak beberapa tips berikut ini.

1. Perhatikan merk Smartphone Android

Saat ini cukup banyak merk Smartphone Android yang diiklankan. Anda harus teliti saat akan membeli salah satu dari merk tersebut. Tentu sangat wajar bila Anda menjumpai Smartphone Android dengan merk terkenal akan dibandrol dengan harga yang mahal. Bandingkan saja dengan Smartphone Android dengan merk yang tak begitu terkenal. Harganya bahkan akan terpaut cukup jauh. Meskipun lebih murah, Smartphone Android dengan merk yang tak begitu populer terkadang memiliki fitur yang sama dengan Smartphone Android bermerk terkenal. Jadi tak ada salahnya jika Anda jadikan merk ini sebagai referensi Smartphone Android yang murah namun berkualitas dan lengkap fitur-fiturnya.

2. Lihat processor dan RAM-nya

RAM dan processor adalah dua elemen terpenting bagi sebuah perangkat Smartphone Android karena dua elemen ini menjadi tolok ukur kualitas Android Anda. Sangat disarankan untuk memilih Smartphone Android yang memiliki RAM sebesar 1 GB dan processor 1 GHz untuk mengoperasikan sistem operasi Android 4,0 Ice Cream Sandwich. Jika kurang dari 1 GB dan 1 GHz, perangkat Anda akan cepat panas dan lag.

tips memilih android

3. Tempat penyimpanan

Pastikan Anda memilih Smartphone Android yang memiliki slot MicroSD karena tanpa MicroSD, Anda akan mendapatkan kesulitan saat akan menyimpan data-data kesayangan dalam jumlah besar. Memori internal tak cukup untuk menyimpan data-data Anda. Apalagi hanya berkapasitas 4GB saja. Setengah dari kapasitas memori internal sudah pasti digunakan untuk mendukung sistem. Namun jika menggunakan MicroSD, kapasitas bisa menjadi lebih dari 32 GB.

4. Fitur kamera

Ada baiknya bagi Anda untuk memilih Smartphone Android yang memiliki dua kamera, yaitu kamera depan dan kamera belakang. Kamera Android juga sebaiknya dilengkapi dengan aplikasi yang cukup banyak.

5. Fitur koneksi dan Jaringan

Bluetooth dan WiFi adalah dua jenis fitur koneksi yang wajib ada di Smartphone Android Anda. Tujuannya agar Anda bisa browsing kapan saja dengan menggunakan salah satu fitur tersebut. Usahakan juga untuk memilih Android yang dilengkapi dengan koneksi 3G dan HSDPA.

6. Daya baterai Smartphone Android

Daya/ power pada Android Anda sangat penting untuk mendukung aplikasi-aplikasi yang sering Anda gunakan. Misalnya saja, Anda ingin memiliki Android yang dapat digunakan untuk online setiap saat. Maka sangat penting bagi Anda untuk memilih perangkat Android yang berdaya besar. Batas minimal daya baterai untuk sebuah perangkat Android adalah 1500 Mah.

7. Resolusi layar Android

Resolusi layar paling minimum untuk sebuah perangkat Android adalah 320x480p. Jika lebih rendah daripada angka resolusi di atas, perangkat dikhawatirkan akan lag.

tips memilih android

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *