Tips Merapikan Data pada Komputer

By on June 22, 2013
Tips Merapikan Data pada Komputer-1

Komputer tidak hanya sekedar perangkat untuk memudahkan pekerjaan atau untuk memperoleh hiburan. Bahkan kini komputer ibarat ruang kerja itu sendiri. Di sini tersimpan banyak data penting. Namun data-data yang tersimpan bisa menjadi sulit untuk ditemukan jika data tersebut tidak tertata dengan rapi. Menata data komputer, ini mungkin terkesan sepele. Namun dampaknya bisa sangat serius. Bahkan terkadang banyak data yang luput dari pandangan hanya karena ketidakrapian penyusunan data saja. Sebelum hal tersebut terjadi, tentu alangkah baiknya bagi setiap pemilik komputer untuk menyimpan data dan menatanya dengan baik. Untuk memudahkan penataan data, berikut ada beberapa tips sederhana dalam merapikan data komputer.

Amankan File-File yang Rentan Terhadap Virus

Sebelum merapikan dan menempatkan data pada tempat-tempat khusus, pertama amankan dulu file-file yang rentan terhadap serangan virus. Salah satu file yang biasa dijadikan inang oleh virus adalah file berekstensi .exe. Untuk mengamankan file tersebut, kompres semua file .exe menggunakan software kompresi. Setelah itu pastikan juga untuk tidak menyimpan data pada drive sistem atau drive C. Setelah kedua hal di atas dilakukan, selanjutnya buatlah partisi baru khusus untuk menyimpan data-data penting. Jika komputer sudah dipartisi, maka Anda bebas menentukan apakah ingin membuat partisi lagi atau tidak. Tapi untuk lebih aman, sebaiknya buat partisi lebih dari dua.

Buat Kategorisasi

Tips Merapikan Data pada Komputer-2

Pembuatan drive bertujuan untuk memisahkan file sistem komputer dengan data-data pengguna. Namun memisahkan file dengan menggunakan pembagian drive belumlah cukup. Untuk lebih memudahkan pencarian, buatlah beberapa folder berdasarkan kategori data tersebut. Jika data tersebut termasuk data-data hiburan seperti musik atau film, maka buatlah folder dengan nama yang mencerminkan data tersebut. Untuk penamaannya sendiri, Anda bisa menggunakan istilah multimedia atau kata lain yang serupa. Lakukan hal yang sama pada jenis file lainnya. Untuk file-file dokumen pekerjaan juga sebaiknya seperti itu. Jika memang dibutuhkan sub folder untuk mempermudah kategorisasi, maka lakukan saja. Setelah itu masukkan data-data yang berkaitan ke dalam folder yang telah dibuat.

Tips merapikan data di komputer berikutnya adalah hapus file-file yang sudah tidak digunakan lagi. Jika ada file lama yang sudah tidak terpakai, hapus saja. Namun jika Anda merasa sayang untuk menghapus data tersebut, Anda bisa menyimpannya di dalam CD atau DVD. Jika semuanya sudah selesai, cek kembali nama folder dan sub folder yang telah dibuat sebelumnya. Pastikan semua nama folder benar-benar sesuai dengan isi folder ataupun sub folder tersebut. Jika ada beberapa file yang perlu untuk dikategorisasi kembali, maka buatlah folder baru lagi. Dalam penamaan folder juga usahakan untuk membuat nama yang lazim digunakan. Kalaupun tidak, usahakan nama tersebut mudah Anda pahami. Hal ini bermanfaat untuk memudahkan pencarian di kemudian hari. Selain tips ini ada satu lagi tips yang berguna untuk komputer Anda yakni tips dalam bersihkan desktop Anda.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *