Tips Mengoptimalkan Mac

By on April 11, 2013
mac-2

Dengan semakin berkembangnya kebutuhan komputasi masyarakat, semakin berkembang pula ragam perangkat keras maupun lunak yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Namun semua perangkat komputasi pasti tidak pernah terlepas dari keberadaan system operasi. Dengan semakin banyaknya vendor, ragam system operasi yang ada juga semakin beragam. Namun jika berbicara mengenai system operasi yang terkenal eksklusif dan memiliki grafis yang detail dan menawan, Mac adalah jawabannya.

Sistem operasi Mac memang terkenal akan grafisnya yang menawan. Keamanan system operasi ini juga sangat baik, karena itulah tidak banyak jenis virus yang mampu menyerang system operasi ini. Jika Anda memiliki sebuah perangkat komputer dengan system operasi Mac, maka Anda harus tahu bagaimana cara merawatnya. Perawatan yang baik akan membuat komputer berjalan dengan baik. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara Mengoptimalkan Mac milik Anda, tips berikut ini akan sangat berguna.

Menjaga Kebersihan Mac Tampilan

Ada banyak hal yang mempengaruhi performa suatu system oeprasi. Salah satunya adalah tampilan desktop atau lebih tepatnya jumlah shortcut ataupun folder-folder di halaman desktop. Memasang banyak shortcut atau folder di desktop memang memudahkan dalam menemukan file yang dibutuhkan. Akan tetapi hal ini sebenarnya justru memberatkan kinerja komputer dalam menampilkan desktop. Untuk itu memastikan desktop agar bersih dari folder-folder atau file data sangatlah penting dan berpengaruh pada performa suatu komputer.

Aplikasi sampah juga menjadi momok bagi melambatya kinerja komputer. Mungkin Anda senang menginstall aplikasi baru yang Anda anggap menarik untuk dicoba. Akan tetapi semakin banyak aplikasi yang tersintall di Mac, maka akan semakin membebani komputer Anda. Jadi lebih baik install aplikasi yang memang dibutuhkan dan pastikan untuk menguninstall aplikasi-aplikasi yang tidak berguna.

Saat mengingstall aplikasi, pastikan untuk mengecilkan ukuran aplikasi tersebut. Sebenarnya setiap aplikasi Mac OS biasanya terdiri dari dua arsitektur kode untuk mendukung system operasi versi lama. Akan tetapi pada kenyataannya hanya salah satu arsitektur kode saja yang digunakan. Untuk membuang arsitektur kode yang lain, Anda bisa menggunakan xSlimmer.

mac-2

Lakukan Maintenance Rutin

Semua system operasi sebenarnya sangat dianjurkan untuk dimaintenance. Selain untuk menjaga performa komputer, maintenance juga berguna untuk melindungi komputer dari ancaman-ancaman yang tidak diketahui oleh pengguna. Jadi pastikan untuk melakukan maintenance secara rutin. Maintenance yang dilakukan bisa dilakukan dengan menscan virus atau menggunakan aplikasi tune up. Selain itu pastikan juga untuk selalu melakukan update secara rutin. Kini mengupdate system Mac jauh lebih mudah berkat adanya aplikasi App Fresh. Jadi setiap orangpun bisa melakukan update system operasi Mac dengan sangat mudah. Agar performa menjadi lebih baik, sangat dianjurkan untuk menambah kapasitas RAM. Hal ini akan sangat berguna saat Anda menjalankan aplikasi yang berat atau membuka banyak aplikasi dalam satu waktu.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *