Tips Menghemat Baterai Smartphone Android

By on July 7, 2013
Tips-Menghemat-Baterai-Smartphone-Android-1

Smartphone memang telah dilengkapi dengan segudang fitur-fitur canggih. Akan tetapi sayangnya smartphone yang ada saat ini memiliki satu kelemahan besar pada sisi ketahanan baterainya. Daya tahan baterai smartphone yang ada saat ini umumnya hanya mampu mencapai sekitar satu hari saja. Hal ini belum termasuk jika smartphone kerap digunakan untuk browsing ataupun untuk menjalankan aplikasi yang cukup berat. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan, seperti tips agar baterai smartphone Anda bertahan lama. Namun inti dari menghemat baterai adalah dengan menggunakan ponsel seperlunya saja. Inilah prinsip utama yang harus dipahami terlebih dahulu.

Matikan Fitur-fitur yang tidak digunakan

Smarphone Android memang kaya akan fitur. Namun jika fitur tersebut jarang digunakan sebaiknya tidak usah terlalu sering dinyalakan. Umumnya banyak orang yang tertarik dengan beberapa widget yang ada di Android. Bahkan tidak sedikit yang menjalankan beberapa widget dalam satu waktu secara bersamaan. Padahal widget ini akan berjalan terus menerus dan terus menggerus daya tahan baterai. Untuk menghindari pemakaian baterai yang kurang produktif, sebaiknya matikan widget yang tidak terlalu berguna. Jangan lupa juga untuk mematikan fitur WiFi dan Bluetooth jika tidak sedang digunakan. Cukup gunakan fitur tersebut saat Anda memang benar-benar membutuhkannya saja. Selain itu matikan juga fitur Auto Sync.

Kecerahan layar akan berdampak pada penggunaan baterai. Jadi tidak perlu menggunakan setting kecerahan layar yang tinggi. Redupkan kecerahan layar. Selain itu layar yang terlalu cerah juga kurang nyaman dipandang. Untuk itu lebih baik redupkan layar smartphone Anda. Cara di atas merupakan sebagian besar dari apa yang perlu dilakukan dalam menghemat baterai.

Install Aplikasi Penghemat Baterai

Tips-Menghemat-Baterai-Smartphone-Android-2

Tindakan pengehematan baterai tidak hanya bisa dilakukan dengan cara mematikan fitur-fitur yang kurang berguna saja. Selain itu pengguna juga dapat menginstall aplikasi pihak ketiga yang memang difokuskan untuk menghemat baterai smartphone. Saat ini ada banyak aplikasi penghemat baterai. Akan tetapi sebaiknya pilih salah satu saja. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk menghemat baterai adalah Juice Defender. Untuk menginstal aplikasi ini Anda hanya perlu mengunjungi play store Android dan menginstallnya secara online.

Terlalu sering bermain game juga dapat berdampak pada daya tahan baterai yang cepat terkuras, terlebih jika game yang dimainkan termasuk game yang berat. Dengan menjalankan aplikasi seperti ini, baterai akan terkuras dengan sangat cepat. Bahkan baterai dapat terkuras hanya dalam waktu kurang dari satu hari. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya jangan terlalu sering memainkan game yang cukup berat. Jika Anda memang termasuk tipe orang yang suka bermain game lewat smartphone, sebaiknya jangan lupa untuk selalu membawa baterai bank, terlebih jika Anda termasuk orang yang aktif dalam menggunakan ponsel. Meski tidak dapat meningkatkan daya tahan baterai secara signifikan, paling tidak Cara menghemat baterai android yang telah disebutkan di atas mampu memperpanjang masa pakai smartphone Anda.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *