Tips Menghemat Baterai Android

By on September 6, 2013
4a Tips Menghemat Baterai Android

Memiliki baterai android yang awet merupakan dambaan dari semua pengguna gadget. Banyak dari pemilik gadget yang megeluhkan baterainya sudah tidak awet lagi atau cepat habis usai mereka menggunakan gadget tersebut selama satu hingga dua tahun. Disamping itu, produk seperti tablet yang menggunakan sistem operasi iOS 7 dan juga Android, ternyata memiliki tingkat keawetan baterai yang cukup lemah. Beberapa aplikasi yang dimiliki oleh sistem operasi ini juga terbilang cukup keras dimana mereka bisa memakan daya baterai dengan sangat cepat apabila terlalu sering digunakan. Tidak hanya aplikasi game saja yang memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi dalam memakan baterai, namun aplikasi non-game juga memiliki intensitas memakan baterai dengan kekuatan yang besar.

Gadget yang sudah tidak awet lagi baterainya, tentu saja akan membuat Anda makin gerah. Mereka juga tidak akan lagi terlihat mantap seperti biasanya. Tablet tersebut juga nantinya tidak akan bisa Anda gunakan untuk dibawa kemana-mana karena belum-belum baterainya sudah habis. Maka dari itu, Anda bisa mencoba untuk mengikuti tips dibawah ini supaya baterai dari gadget Anda tersebut tidak mudah habis dan tetap awet.

Jangan Mencharge Baterai Android dalam Waktu Lama

Pertama, pastikan Anda tidak terlalu sering mencharge tablet Anda dan kemudian terus menancapkan colokan chargernya meskipun baterai sudah penuh. Hal semacam ini akan membat daya baterai lama-lama menjadi aus dan cepat habis. Banyak orang yang sering mengecharge gadget mereka dan kemudian meninggalkannya untuk tidur. Sejatinya dengan pengisian selama 1 jam hingga 2 jam saja, baterai dari gadget Anda akan sudah penuh. Jika Anda tinggal tidur, maka colokan ini akan terus menantap sampai 6 hingga 8 jam dan membuat daya baterai Anda makin lama melemah. Maka dari itu hindarilah kebiasaan yang satu ini mulai dari sekarang.

4b Tips Menghemat Baterai Android

Hindari Aplikasi Emulator Game

Kedua, hindari menggunakan aplikasi gadget yang keras. Ada beberapa aplikasi yang sebaiknya tidak Anda pasang di gadget Anda karena aplikasi tersebut akan bisa membuat gadget Anda menjadi sangat mudah untuk mengalami kerontokan pada bagian baterai. Aplikasi yang sangat keras apabila digunakan di gadget Anda adalah aplikasi game, terutama mereka yang menggunakan basis emulator, seperti emulator ps1 dan emulator PSP. Kedua jenis aplikasi ini memang menarik untuk dimiliki karena Anda akan bisa memainkan game Play Station dengan lebih mudah, tetapi program tersebut akan memakan banyak sekali daya baterai Anda dan membuatnya cepat mengalami pelemahan.

Ketiga, jangan pernah membiarkan baterai dari gadget Anda benar-benar habis sampai gadget tersebut mati. Telat melakukan pengisian ulang baterai dan terlalu sering melakukannya juga akan membuat Anda merugi sendiri. Nantinya baterai yang mulanya awet akan bisa menjadi tidak awet lagi karena Anda terlalu sering lupa untuk mengisi ulang baterai Anda.

4c Tips Menghemat Baterai Android

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *