Tips Mengganti Smartphone Lama dengan Yang Baru

By on October 18, 2013
4.tips ganti gadget.1

Perkembangan gadget memang luar biasa. Dalam waktu dekat, perkembangan terbaru akan muncul dengan begitu cepat. Mau tak mau, jika ingin terus menikmati fasilitas tercanggih dan terbaru, Anda dituntut untuk gadget Anda. Parahnya, kadang Anda memang dituntut untuk melakukannya karena fitur terbaru yang akan sangat membantu, bukan semata-mata hanya karena Anda ingin selalu jadi yang terdepan dalam memakai gadget terbaru.

Ada banyak sekali smartphone yang ditawarkan di pasaran, mulai dari yang mahal atau high end sampai pada smartphone berharga jauh lebih terjangkau. Vendor yang mengeluarkannya pun bermacam-macam. Mereka memiliki keunggulan mereka masing-masing.

Sayangnya, ganti-ganti smartphone kadang sangat merepotkan. Pertama, data yang Anda miliki harus dipindah semua. Kedua, kadang ada data pribadi Anda yang kemungkinan masih terbawa pada ponsel lama yang akan Anda pindahtangankan. Jika begini, yang Anda butuhkan adalah tips mengganti smartphone.

Tentu saja untuk tips yang pertama adalah backup data. Ponsel adalah sesuatu yang sangat berharga apalagi sekarang dengan adanya berbagai fitur yang memudahkan. Pengguna smartphone pasti menyimpan banyak file berharga mulai dari foto, video, kontak, dan file lain. Sebelum mengganti smartphone Anda harus menyelematkan semua file penting dan menghapus sisanya.

Ada berbagai cara backup data yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menggunakan memory card dan memindahkannya ke komputer. Anda juga dapat menggunakan layanan komputasi awan atau cloud yang banyak tersedia, misalnya aplikasi dari Google. Jika tidak, aplikasi pihak ketiga seperti MyBackup, Titanium Backup, dan Mobile Backup II.

Dari ketiga cara yang ditawarkan, cara yang paling mudah dan tidak ribet adalah memory card. Selain itu, datanya bersifat pribadi. Anda sendiri yang menyimpan dan membawanya. Hanya saja, bentuknya yang hardware akan membuat Anda kesulitan jika terselip tanpa sengaja.

Untuk ponsel yang menggunakan aplikasi Android, menyimpan kontak dari ponsel ke memory card sangat mudah. Anda hanya perlu membuka setting, privacy setting, backup and restore. Anda tinggal pilih backup lalu file tersimpan di memory card dengan ekstensi vcf. Jika Anda ingin menggunakan kontak tersebut di ponsel baru, masuk ke setting yang sama.

Tips mengganti smartphone yang kedua adalah melakukan factory reset. Ini wajib dilakukan jika Anda berniat untuk menjual smartphone Anda untuk memastikan tak sedikit pun data pribadi yang tertinggal di sana. Langkah ini akan menghapus kemungkinan penyalahgunaan informasi oleh pengguna ponsel setelah Anda.

Factory reset akan membuat ponsel seperti saat baru keluar dari pabrik. Untuk ponsel Android, factory reset ada di menu setting privacy. Jika Anda masih ingin menggunakan smartphone tersebut, factory reset tentunya tak diperlukan. Untuk memastikan data hilang seluruhnya, Anda harus mengecek manual dan menghapus yang tersisa dari factory reset.

Tips mengganti smartphone lainnya adalah mematikan layanan kontrak yang ada. bianya pengguna smartphone memiliki kontrak paketan dengan operator seluler. Mematikan semuanya wajib dilakukan agar Anda tidak dikenai biaya operasi smartphone tersebut setelah Anda tidak menggunakannya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *