Tips Memotret agar Terlihat lebih Kurus

By on August 30, 2013
Tips Memotret agar Terlihat lebih Kurus_1

Seni fotografi memang sangat menarik. Selain menarik bagi mereka yang tertarik dengan dunia fotografi, seni ini juga menarik bagi mereka yang gemar ngeksis di dunia maya. Ini bisa dilihat dari foto-foto profil situs jejaring sosial yang banyak menampilkan pose-pose narsis. Namun memperoleh hasil jepretan yang bagus bukan hal yang mudah, bahkan dibutuhkan beberapa teknik khusus untuk memperolehnya.

Bagi mereka yang kurang pede dengan penampilannya, banyak yang mengakali kekurangannya dengan melakukan editing foto. Dengan banyaknya aplikasi foto editiing, hal ini menjadi mudah dilakukan. Namun foto bagus sebenarnya jauh lebih baik jika diperoleh melalui jepretan kamera. Bagi mereka yang kurang pede dengan berat badan atau postur tubuh yang cukup gemuk, ada beberapa tips untuk memotret model agar tampak lebih kurus.

Seni Memilih Pakaian yang Tepat

Postur tubuh yang jelek sebenarnya bisa ditutupi dengan menggunakan pakaian yang tepat. Agar tidak tampak terlalu gemuk, usahakan untuk tidak menggunakan pakaian yang menonjolkan bentuk tubuh yang gemuk. Dalam hal ini warna dan motif pakaian akan memiliki peran yang sangat besar. Untuk memberikan kesan kurus, pilih pakaian berwarna gelap dengan motif vertikal.

Saat memilih pakaian usahakan untuk tidak memilih pakaian bermotif horizontal. Motif ini mungkin tampak sederhana, akan tetapi motif ini dapat menonjolkan kegemukan sang model. Selain pakaian, posisi model juga dapat mempengaruhi kesan yang ditangkap oleh kamera. Teknik lain agar model tidak tampak gemuk adalah dengan tidak menghadapkan model ke lighting secara frontal.

Untuk urusan lighting, usahakan untuk memotret model dengan posisi agak menyamping. Akan tetapi perhatikan juga sudut kemiringannya sehingga dapat menampakkan model yang tampak lebih kurus. Untuk urusan yang satu ini memang tidak mudah. Dibutuhkan latihan dan beberapa eksperimen sehingga memperoleh hasil jepretan terbaik.

Lighting yang Tepat Menghasilkan Jepretan yang Memikat

Angle atau sudut pengambilan gambar memang memiliki peran yang sangat besar dalam menghasilkan jepretan yang baik. Akan tetapi unsur fotografi tidak hanya itu saja. Faktor lighting juga dapat memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil jepretan yang diperoleh. Karena itulah intensitas lighting hingga sudut lighting juga harus diperhatikan dengan seksama.

Untuk kasus model yang berbadan lebar, Jerry Aurum yang merupakan fotografer kawakan menyarankan agar lighting yang dipaparkan tidak menimpa keseluruhan badan model. Hal ini untuk menghindari tereksposenya bagian-bagian yang tidak diinginkan secara jelas. Akan lebih baik untuk memaparkan lighting pada setengah badan model saja. Selain itu ada alternatif lain yang dapat dipilih yaitu dengan memaparkan cahaya dari belakang model.

Dengan menerapkan ketiga tips tersebut, memotret model berbadan gemuk tidak akan menjadi masalah lagi. Bahkan postur tubuh yang gemuk dari sang model dapat tertutupi sehingga keindahan sang model dapat terkspose dengan lebih baik.

Tips Memotret agar Terlihat lebih Kurus_2

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *