Tips Memilih Server Kantor

By on April 14, 2013
server-2

server-1
Penggunaan teknologi infomasi di dalam suatu perusahaan telah mengubah banyak hal. Produktivitas suatu perusahaan hingga administrasi menjadi lebih mudah dan lebih aman. Akan tetapi dalam suatu perusahaan tentunya setiap komputer yang ada hendaknya saling terhubung dalam stuatu jaringan sehingga memungkinkan setiap komputer untuk dapat saling berbagi resource. Untuk mengatasi hal ini, tentunya dibutuhkan satu management yang baik. Komputer server adalah satu komputer khusus yang difokuskan untuk melayani komputer-komputer lain. Karena komputer ini bertugas untuk melayani komputer satu kantor, tentunya spesifikasinya harus dipertimbangkan dengan seksama.

Memilih komputer server sebenarnya merupakan pekerjaan yang cukup sulit. Ada banyak pertimbangan yang harus diperhatikan. Beberapa pertimbangan yang hendaknya diperhatikan adalah kebutuhan saat ini, performa dan harga. Hal-hal tersebut adalah hal utama yang harus dipertimbangkan. Kebutuhan komputasi kantor tentunya tidak akan tetap. Kelak pasti akan bertambah. Hal ini juga harus dipertimbangkan. Untuk lebih memudahkan dalam memilih server kantor, berikut beberapa tips yang bisa dijadikan acuan.

Kenali Kebutuhan Dasar

Sebelum menentukan pilihan, kenali dulu kebutuhan dasar perusahaan tersebut. Kebutuhan apa yang ingin diselesaikan dengan adanya server ini dan skala perangkat yang harus mampu dilayani oleh server tersebut harus dikalkulasi secara tepat. Meski tidak tepat secara 100%, paling tidak sudah mencukupi kebutuhan saat ini. Asumsikan perkembangan jaringan komputer perusahaan kedepannya. Hal ini bertujuan agar kelak jika ada pengembangan jaringan, server yang dipilih masih dapat mengatasi perubahan tersebut sehingga tidak perlu membangun infrastruktur jaringan terlalu sering.

Dalam memilih server, sebaiknya pilih server yang memang telah teruji. Mengumpulkan banyak informasi terkait dengan spesifikasi dan kemampuan dari beberapa merk komputer server akan membantu dalam menentukan server yang paling sesuai dengan kebutuhan. Beberapa merk mungkin memiliki spesifikasi yang mirip, akan tetapi dalam hal-hal tertentu biasanya ada perbedaan performa. Jika dihadapkan pada beberapa pilihan yang hampir mirip semua, lebih baik pilih merk komputer server yang menawarkan layanan servis terbaik dan termudah. Akan tetapi pastikan juga untuk mempertimbangkan harganya. Pilih server yang menawarkan harga yang paling masuk akal dengan layanan dan kemampuan yang diberikan oleh server tersebut.

server-2

Pertimbangan Kompatibilitas Server dengan Sistem

Kompatibilitas server dengan system juga harus dipertimbangkan. Jangan sampai memilih server dengan spesifikasi tinggi dan dengan teknologi terbaru akan tetapi saat disinkronisasikan dengan system yang telah ada justru tidak kompatibel. Untuk itu, pastikan untuk mempertimbangkan apakah server tersebut mendukung system yang telah ada pada kantor tersebut. Selain itu pastikan juga untuk memilih server yang juga mendukung teknologi terbaru, jadi jika akan melakukan upgrade system, hal tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah dan juga lebih murah. Selain itu jangan lupa untuk memperhatikan garansi yang diberikan.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *