Tips Membersihkan Kamera

By on June 19, 2013
Tips-Membersihkan-Kamera-1

Kamera yang kotor dapat mengurangi performa bahkan lifetime dari kamera tersebut. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya kamera dibersihkan secara rutin. Namun membersihkan kamera sangat berbeda dengan membersihkan perabot rumah tangga. Anda tidak bisa membersihkannya dengan cara sembarangan. Alat yang digunakan juga harus benar-benar dipertimbangkan dengan hati-hati. Jangan pernah menggunakan kain lap biasa atau tisu untuk membersihkan kamera Anda. Untuk membersihkan dari debu, paling tidak Anda membutuhkan sebuah blower dan lenspen yang mengandung karbon. Agar lebih jelas, berikut ini adalah cara untuk membersihkan kamera pocket.

Langkah Awal Membersihkan Kamera Pocket

Cara membersihkan kamera poket sebenarnya tidak terlalu rumit. Meski alat yang dibutuhkan memang khusus, pada dasarnya teknik membersihkan kamera cukup sederhana. Namun sebelumnya Anda memang harus mempersiapkan blower dan lenspen. Harga lenspen memang tidak murah. Untuk memperolehnya Anda memerlukan dana yang tidak sedikit. Namun Anda bisa mengatasinya dengan mencari lenspen yang cukup terjangkau.

Penggunaan lenspen memang terbatas. Umumnya lenspen hanya bisa digunakan sebanyak 500 kali saja. Saat mulai membersihkan kamera, Anda bisa menggunakan tripod agar posisi kamera dapat diatur dengan mudah. Sebelum membersihkan kamera, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Agar debu tidak masuk melalui sela-sela kamera, jangan meniup debu langsung ke celah-celah body kamera. Pastikan juga untuk melakukan hal tersebut dengan hati-hati dan manfaatkan grafitasi untuk menjatuhkan debu.

Mulai Membersihkan Kamera

Tips-Membersihkan-Kamera-2

Saat membersihkan kamera Anda bisa mulai dari mana saja. Namun beda bagian beda juga penanganannya. Pada bagian body dan layar LCD, Anda tidak perlu terlalu merasa khawatir. Bagian ini tidak mengandung lapisan selubung khusus. Jadi Anda bisa menggunakan lap lembut untuk membersihkan bagian ini. Lap yang direkomendasikan untuk digunakan adalah sejenis lap yang biasa digunakan untuk lensa kaca mata. Meski demikian, Anda juga bisa menggunakan pena khusus. Usap dengan lembut dan hati-hati. Pada bagian layar LCD usahakan untuk tidak menekan layar terlalu keras. Saat membersihkan kamera usahakan untuk menempatkan kamera pada posisi menunduk atau terbalik. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya debu ke dalam sela-sela body kamera.

Setelah bagian body dan layar selesai dibersihkan, maka tiba saatnya untuk membersihkan jamur di lensa kamera. Untuk bagian yang satu ini pertama bersihkan lensa dari debu dengan menggunakan blower. Setelah bersih dari partikel kasar, selanjutnya gunakanlah lenspen. Bersihkan dari arah dalam. Untuk memperoleh hasil yang optimal, lakukan gerakan memutar lembut secara spiral hingga ke pinggir. Karena lensa kamera termasuk bagian yang sangat rentan, maka usahakan untuk tidak menekannya terlalu keras. Saat menggunakan lenspen, Anda tidak perlu menambahkan cairan pembersih. Hal ini dilakukan karena pada dasarnya lenspen dengan senyawa karbon memang tidak digunakan pada permukaan basah. Setelah semua proses dilalui, simpan kamera pada tempat yang aman dan kering.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *