Tips Memaksimalkan Fitur Gmail Untuk Meningkatkan Kenyamanan Berkomunikasi

By on April 9, 2013
7.-Memaksimalkan-fitur-gmail

7.-Memaksimalkan-fitur-gmail
Saat ini, komunikasi melalui email sudah sangat populer digunakan karena menawarkan berbagai kemudahan dalam berkomunikasi. Salah satu layanan email yang paling banyak digunakan masyarakat di dunia adalah Gmail. Bagi Anda yang memiliki fitur gmail, tentu Anda ingin berusaha memaksimalkan fitur–fitur yang ada di layanan gmail tersebut agar dapat meningkatkan kenyamanan Anda saat menggunakan Gmail.

Bagi para pengguna gmail yang baru atau masih awam, memaksimalkan fitur gmail tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, untuk membantu Anda memaksimalkan fitur–fitur yang ada, berikut ini beberapa tips mudah yang dapat Anda terapkan di akun Gmail Anda.

Pengelolaan Folder/Label dan Fasilitas Perlindungan Spam

Gmail memiliki fasilitas pengolaan folder. Namun fitur ini belum terlalu banyak dimanfaatkan oleh para pengguna Gmail karena mungkin mereka tidak tahu bahwa mereka bisa mengelola folder di akun email mereka. Untuk memaksimalkan fitur gmail yang satu ini, caranya klik menu “more” di bagian atas dan pilih “create new label.” Folder ini dapat dapat digunakan untuk menyimpan email pilihan.

Untuk memindahkan email dari inbox ke folder caranya hampir sama, yaitu cukup dengan mencentang email yang akan dipindah kemudian klik move to. Dalam urusan membalas email, Gmail memiliki keunggulan dimana history percakapan terekam secara berurutan sehingga kronologis email berbalas dengan satu subjek dapat dilihat kembali dengan mudah. Selain pengaturan folder, Gmail juga menawarkan fasilitas perlindungan akun dari spam. Untuk melaporkan email yang Anda anggap spam, caranya cukup mencentang email tersebut dan klik spam.

Fasilitas Filtering dan Auto Response

Fasilitas Gmail yang belum banyak dioptimalkan oleh para pengguna layanan email adalah fasilitas filtering. Fasilitas filtering berguna untuk mengelompokkan email sesuai dengan jenisnya sehingga email yang masuk tidak akan campur aduk di kotak masuk Anda. Misalnya Anda bergabung di milis alumni di universitas Anda, maka Anda hanya perlu membuat folder khusus alumni dan membuat filter alumni. Dengan hal ini, jika ada email yang masuk dari milis alumni, maka pesan akan langsung masuk ke folder yang telah Anda buat tadi.

Caranya klik Settings, kemudian klik Filters, dan Create New Filter. Isi kriterianya dan klik next. Terakhir, apply to the label. Selain fitur filtering, fitur yang dapat Anda optimalkan adalah Auto Response. Fitur ini akan sangat bermanfaat jika Anda sedang berlibur atau ingin menjawab email secara otomatis. Cara memaksimalkan fitur Gmail yang satu ini cukup klik pada menu Settings, kemudian klik General. Setelah itu pilih ‘auto response.’

Ketikkan pesan yang akan digunakan untuk menjawab email otomatis. Si pengirim email yang mengirimkan email ke Anda akan segera mendapatkan jawaban langsung setelah mengirim email yang berisi bahwa Anda sedang tidak dapat menjawab email. Semoga berguna!

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *