Tips Melacak Komputer Anda yang Dicuri Menggunakan Aplikasi Dropbox

By on April 15, 2013
bt-1

Dropbox adalah tempat penyimpanan data di dunia maya yang mensinkronisasikan data dari komputer, tablet dan smartphone Anda. Anda bahkan bisa mengirimkan data ke sesama gadget, walaupun tidak berada dalam satu jaringan. Fungsi Dropbox lainnya adalah Anda bisa mengantisipasi atau melacak komputer Anda yang dicuri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Daftarkan diri Anda menjadi pengguna Dropbox, Anda tidak perlu membayar untuk menjadi pengguna aplikasi ini. Lalu pasang aplikasi Dropbox yang bisa Anda download dari www.dropbox.com ke komputer, tablet atau smartphone Anda. Cara install atau pemasangan aplikasi ini sangat mudah. Anda tinggal mengikuti instruksi-instruksi yang ada saja.
  2. Jika suatu saat komputer Anda dicuri, masuk ke akun Dropbox Anda menggunakan gadget Anda yang sudah terpasang aplikasi Dropbox. Lalu masuk ke menu “Settings” pada bagian atas kanan menu options profile Anda. Selanjutnya di menu “Settings” masuk ke “Security”, di sana akan terlihat gadget apa saja yang telah Anda pasang aplikasi Dropbox.
  3. Lalu Anda bisa melihat status dari komputer yang dicuri dengan mengarahkan kursor ke ikon informasi berwarna biru bulat dengan huruf ‘i’ putih di tengahnya. Akan muncul kotak informasi yang berisikan alamat IP dari komputer Anda. Hal ini bisa terjadi karena Dropbox mensinkronisasi ke server secara rutin. Jadi jika pencuri tersebut online, Anda bisa mengetahui lokasinya dan Anda bisa melaporkannya.
  4. Jika Anda beruntung dan si pencuri menyimpan dokumen di tempat/folder yang akan disinkronisasikan ke server Dropbox, Anda bisa mengetahui nama, alamat atau informasi lainnya dari si pencuri tersebut.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak video Minute Hacks terbaru dari Hack College tentang cara melacak komputer yang dicuri menggunakan Dropbox di bawah ini:

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *