Tips agar Terhindar dari Cyber Crime

By on October 20, 2013
2. Tips agar Terhindar dari Cyber Crime 1.

Semakin canggih teknologi, semakin unik dan canggih juga cara  pelaku kejahatan bertindak. Semenjak maraknya penggunaan perangkat mobile, internet, komputer,atau perangkat gadget berteknologi canggih lainnya, kini munculnya istilah kejahatan/ criminal baru yang terjadi di dunia maya dan sistem perangkat mobile, internet,dan komputer menjadi target utamanya. Cyber crime/ kejahatah cyber namanya. Tak heran jika sampai detik ini para pengguna internet, perangkat mobile, dankomputer diminta untuk waspada terhadap berbagai macam modus tindakan cyber crime.

Norton Report 2013 melaporkan bahwa cyber crime meningkat kasusnya dari tahun 2012 lalu. Rata-rata korban cyber crime mengalami kerugian sebesar 50 persen di tahun 2012. Kemudian dari tahun 2012 hingga tahun ini jumlah kerugian yang ditanggung oleh rata-rata korban cyber Crime meningkat dari USD 197 menjadi USD 298. Nah, agar Anda terhindar dari cyber crime, berikut ini ada beberapa tips yang didapat dari Syamtec.

1. Lindungi data Anda

Seperangkat sistem perlindungan yang kuat dan komprehensif sudah dipastikan akan memberikan proteksi yang kuat juga pada data-data Anda dari ancaman cyber crime. Sistem pengaman ini sebaiknya Anda terapkan tak hanya pada PC Anda saja, melainkan juga pada Smartphone, tablet, dan gadget Anda lainnya. Sistemproteksi yang kuat ini salah satunya adalah Norton 360 Muli-Device.

2. Perlakukan perangkat mobile Anda layaknya komputer mini

Perangkat mobile seperti Smartphone dan tablet adalah target utama para pelaku cyber crime. Maka dari itu penting bagi Anda untuk melindungi perangkat mobile Anda. Salah satunya dengan memasang password dan pastikan bahwa Anda sudah melakukan tindakan preventif untuk memastikan bahwa perangkat mobile Andasangat aman dari para pelaku cyber crime. Misalnya saja dari pencurian data, kehilangan data, dll.

3. Wajib waspada dengan layanan Cloud

Meskipun layanan Cloud membantu dan memudahkan Anda melakukan penyimpanan data atau file dengan aman. Namun layanan ini juga ternyata dapat membuka kesempatan bagi virus untuk menjangkiti data/ file Anda. Anda juga wajib berhati-hati dengan orang lain yang biasa mengakses data Anda. sebaiknya lengkapi data Anda dengan sistem keamanan yang valid dan berkualitas baik.

4. Gunakan koneksi yang aman saat akan melakukan transaksi penting

Hati-hati dengan jaringan/ koneksi yang tanpa berbayar atau jaringan Wifi. Jaringan seperti ini sangat rawan bagi Anda karena pelaku cyber crime akan mudah melihataktivitas-aktivitas Anda. Sebaiknya hindari melakukan transaksi belanja online atau transaksi perbankan saat Anda sedang terhubung dengan jaringan internet. Atau solusi satu-satunya adalah gunakan layanan klien VPN Personal.

5. Lakukan pemeriksaan ulang saat sudah terhubung dengan koneksi

Perlu dilakukan pengecekan ulang terhadap kartu kredit. Cek kembali apakah ada transaksi yang mencurigakan di rekening Anda. Jika memang ada transaksi mencurigakan, laporkan segera pada pihak berwajib atau provider.

6. Jangan lupa gunakan password yang kuat

Sebaiknya gunakan password yang rumit. Misalnya password terdiri dari kombinasi angka dan huruf  serta simbol.

7. Jejaring sosial juga perlu diamankan

Hindari mengklik tautan di akun jejaring sosial Anda.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *