Terminal Mac OS X Untuk Pencarian File Yang Lebih Cepat

By on January 16, 2014
Terminal Mac OS X Untuk Pencarian File Yang Lebih Cepat

Dalam penggunaan perangkat, pastinya Anda menyimpan data atau file dengan jumlah yang sangat banyak. Begitu pula dengan penggunaan Macbook. Memori yang besar memungkinkan hal itu terjadi. Kesulitannya adalah jika Anda akan mencari file yang Anda butuhkan. Selama ini pencarian file sering dilakukan melalui kolom pencarian. Selain dalam kolom pencarian, untuk lebih cepat sering juga digunakan spotlight. Namun bagi pengguna Mac OS, ternyata ada cara yang lebih cepat lagi untuk mencari file.

Terminal Mac OS X adalah suatu fitur dalam Macbook yang berfungsi untuk mengatur sistem dalam Mac OS. Dengan terminal, Anda bisa melakukan segala tindakan seperti menyembunyikan file atau mencari file. Selain itu terminal juga bisa dipakai sebagai alat root dan kompresi data. Terminal ini merupakan aplikasi command line yang menyerupai DOS pada Linux/UNIX.  Fungsi dari aplikasi atau fitur dari Macbook ini pada dasarnya sama dengan Windows. Hanya karena berbeda nama dan peruntukannya, maka kedua produk tersebut selalu diperbandingkan.

Selama ini Anda pasti hanya mengenal cara mencari file di Macbook dengan spotlight. Cara lebih cepat dapat Anda lakukan menggunakan Terminal. Caranya dapat Anda awali dengan membuka menu Terminal. Pada prosesnya Anda dapat menggunakan Command Locate Unix. Namun langkah ini dipandang kurang efisien karena mengharuskan Anda mengetik secara detail. Anda harus mengetikkan nama file dengan ekstensi penuh untuk mencarinya. Jika Anda lupa dengan ekstensi file-nya maka pencarian akan terhambat.

Dalam pencarian file menggunakan Terminal, Anda juga dapat mengatur sebuah database indeks. Untuk mencari dimaksud, Anda bisa mengetikkan perintah ini: ‘sudo launchctl load -w /System/Library/LaunchDaemons/com.apple.locate.plist’. Disamping menggunakan locate, Anda dapat juga menggunakan perintah mdfind. Jadi Anda mempunyai banyak alternatif untuk mencari file di Macbook. Meskipun agak rumit, namun ketika Anda tahu triknya, semua dapat dilakukan dengan mudah. Perintah pada Terminal ini merupakan bentuk lain dari spotlight. Perintah ini menggunakan metadata yang tidak mengharuskan Anda membangun file indeks terpisah.

           terminal mac, os X, search file, komputer, apple

Anda bisa mencari fitur Terminal dalam menu Utilities. Bersifat command line, Anda bisa mengetikkan perintah-perintah untuk melakukan aktivitas terhadap penggunaan Macbook. Selain itu, Terminal merupakan antarmuka yang sebenarnya ke konsol. ‘Terminal emulator’ adalah program yang sebenarnya Anda gunakan untuk berinteraksi dengan konsol. Pencarian file melalui Terminal juga dapat melewati rintangan perizinan. Caranya adalah keluar dan tutup semua aplikasi kemudian buka Terminal.

Setelah terbuka, jalankan perintah ‘ whoami’ untuk melihat akun aktif yang merupakan nama pendek Anda. Kemudian jalankan perintah selanjutnya  ‘su USERNAME’  dengan menggantikan username dengan akun Anda dan berikan password. Setelah berhasil, Anda akan diaktifkan user ke akun yang baru dan untuk memastikannya jalankan perintah  ‘whoami’. Selanjutnya, jalankan perintah untuk preferensi finder  akun yang baru: ‘defaults write com.apple.finder ShowHardDrivesOnDesktop -bool true’. Dengan pengaturan ini, Anda dapat membuka contoh baru dari finder dengan perintah: /System/Library/CoreServices/Finder.app/Contents/MacOS/Finder.

 terminal mac, os X, search file, komputer, apple

BACA JUGA;

Pelihara PC dengan Ashampoo WinOptimizer 10

Aplikasi Anak Untuk Perangkat iOS

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *