Terkuaknya Penyebab Steve Jobs Membenci Android

By on November 15, 2013
2. Terkuaknya Penyebab Steve Jobs Membenci Android1

Di dunia bisnis, tentu saja Anda akan menemukan banyak pesaing-pesaing yang mencoba untuk meniru produk Anda hingga menghasilkan produk yang lebih baik dari produk anda. Mau tidak mau, karena keadaan tersebut Anda dituntut untuk selalu mengembangkan kreativitas agar selalu bisa memberikan terobosan baru untuk produk yang Anda buat. Apabila Anda tidak membuat terobosan baru, pilihan terakhir yang mungkin terjadi pada Anda adalah kemungkinan bagi pesaing Anda untuk menciptakan hal baru yang lebih menarik dari yang Anda buat. Ketika hal seperti ini terjadi, yang bisa Anda lakukan hanyalah menggigit jari atau segera membuat terobosan baru yang lebih menarik lagi.

Masalah persaingan ini tidak hanya terjadi pada produsen-produsen kecil. Bahkan, perusahaan besar sekelas Apple dan Google pun juga selalu bersaing untuk memberikan yang tercanggih dan terbaru bagi para konsumennya. Meskipun kedua perusahaan raksasa tersebut sudah memiliki konsumen sendiri, tidak ada yang bisa menutupi bahwa Steve Jobs yang merupakan pendiri Apple sangat membenci sistem operasi Android yang dihasilkan oleh Google. Mungkin bagi orang awam penyebab Steve Jobs membenci Android hanya dikarenakan ia takut bila produk itu menyaingi produknya. Namun, sebenarnya ada alasan tertentu mengapa Steve Jobs begitu membenci Android yang dilahirkan oleh Google, yang tadinya adalah koleganya.

Sudah banyak bukti tertulis yang menuliskan alasan-alasan penyebab Steve Jobs membenci Android. Salah satunya, tertulis di Dogfight: How Apple And Google Went to War And Started a Revolution yang dikarang oleh Fred Vogelstein. Menurut yang tertulis di buku ini, pada awalnya Steve Jobs sudah mengetahui sistem operasi yang akan diluncurkan Google ini karena para petinggi Google menunjukkan program kerja ini padanya. Saat itu, Steve Jobs tidak menunjukkan rasa benci sedikitpun karena para petinggi Google meyakinkan bahwa sistem operasi ini akan sangat berbeda dengan iPhone.

Namun, ketika desain sistem operasi ini sudah jadi, muncullah rasa marah pada diri Steve Jobs karena menurutnya sistem operasi Android sangat mirip dengan yang ia buat. Ia bahkan membenci pendesain Android, Andy Rubin, karena ia menganggap Andy mencontek karyanya. Oleh karena itu lah Steve Jobs meminta Google untuk mengubah desain Android karena dirasa terlalu mirip dengan iOS pada iPhone. Hal ini wajar terjadi karena saat itu CEO Google, Eric Schmidt, juga terdaftar sebagai salah satu direksi Apple.

Permintaan perubahan dari Steve Jobs yang dikabulkan oleh Google membuat Andy Rubin kecewa karena menurutnya Android sangat berbeda dengan iOS. Bahkan kabarnya Steve Jobs juga menuduh Andy Rubin ingin menjadi sepertinya dan hal ini menyakiti hati Rubin. Itulah penyebab Steve Jobs membenci Android dan juga orang yang mendesainnya.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *