Teknologi Video Conference Yang Dipergunakan Bawaslu RI

By on September 1, 2014
3. Teknologi Video Conference Yang Dipergunakan Bawaslu RI 1

Pemilu telah berlangsung dengan lancar dan baik dengan hasil presiden terpilih Jokowi-JK. Para penyelenggara pemilu telah bekerja keras dan sebaik-baiknya untuk menjalankan tugas mereka menyelenggarakan pemilu dari sabang sampai merauke. Namun tahukah Anda teknologi yang mereka pergunakan sehingga pelaksanaan pemilu tidak banyak terjadi kesalahan yang merugikan rakyat Indonesia. Seperti diketahui saat ini penggunaan perangkat smartphone atau gadget juga sudah sangat dibutuhkan untuk kita dalam menunjang kegiatan pekerjaan kita, selain menjadi pendukung tersebut kita juga bisa mendapatkan hiburan dari perangkat smartphone tersebut, seperti Menikmati Video Apapun dari Perangkat Apapun Di TV Anda Dengan Google Chromecast.

Salah satu penyelanggara pemilu adalah badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Bawaslu bertugas mengawasi KPU dalam menjalankan Pemilu dengan mempergunakan teknologi video conference dan teknologi yang dipakai adalah dari Avaya Scopia. Bawaslu mempergunakan video conference ini untuk melakukan komunikasi antar tim yang tersebar di kantor-kantor daerah.

Bawaslu sangat membutuhkan teknologi video conference ini untuk memperlancar tugas-tugasnya. Di klaim bahwa teknologi yang dipakai Bawaslu mampu menghemat 200% anggaran  dibandingkan dengan anggaran pada pemilu tahun 2009. Pada tahun 2009 sebenarnya Bawaslu sudah mempergunakan cara video conference untuk mengupdate informasi dari daerah-daerah dan pada tahun 2014 mereka hanya ingin mengupdate teknologi tersebut. Namun pada akhirnya mereka menemukan bahwa teknologi yang ditawarkan oleh Avaya Scopia jauh lebih baik dan efisien.

Teknologi video conference Avaya Scopia yang dibawa oleh Kayreach System ke Bawaslu tersebut mempunyai banyak sekali manfaat dan keuntungan, antara lain adalah unit multipoint conferencing  yang mempermudah konferensi banyak pihak secara mutual atau bersama-sama. Selain itu juga ada software pengelolaan hingga perangkat desktop dan mobile.

Avaya Scopia juga didesain agar bisa mengakomodasi platform conferencing lain dari banyak vendor lain sehingga dengan satu alat, semua platform conferencing bisa dilakukan pada satu tempat dengan Avaya Scopia. Dengan cara ini maka platform lama yang dimiliki bawaslu dan KPU tidak perlu diganti namun hanya perlu diupdate saja. Tentu saja ini sangat menghemat biaya dan waktu perjalanan.

Penggunaan alat teknologi video conference ini sangat berguna ketika ada Bawaslu daerah yang ingin mendapatkan saran serta pertimbangan dari pusat. Tak jarang pula teknologi ini digunakan untuk menunjukkan dokumen-dokumen yang diduga palsu atau tidak beres sehingga Bawaslu pusat bisa memutuskan apa yang harus dilakukan oleh Bawaslu daerah. Dengan teknologi baru ini maka setiap kegiatan video conference bisa dilakukan oleh banyak pihak dan meningkatkan kredibilitas data yang disajikan.

Bawaslu merasa sangat puas dengan teknologi  yang baru pertama kali mereka pergunakan  ini. Sebagai bukti kesuksesan software video conference ini bisa dilihat dari berjalanya pemilu yang lancar dan aman tanpa adanya gejolak. Bahkan berkat teknologi ini, sengketa pemilu di MK juga bisa dilakukan dengan baik dan dibuktikan bahwa KPU telah bekerja secara maksimal dan yang terbaik. Dimana depan, teknologi yang sama bisa dipergunakan untuk berbagai keperluan seperti Pilkada dan sejenisnya.

3 Teknologi Video Conference Yang Dipergunakan Bawaslu RI 2

Teknologi Video Conference Yang Dipergunakan Bawaslu RI

Baca Juga :

Twitter Getol Lakukan Uji Coba Fitur Berbagi Video

YouTube akan Segera Bebas dari Kata Buffering

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *