Tantangan Intel Untuk Develover Indonesia Lewat iDoJo

By on March 18, 2014
intel

Baru-baru ini Intel kembali memperkenalkan sebuah program khusus untuk para developer, khususnyua untuk mereka yang berasal dari Indonesia yang bertajuk Indonesia Developer Journey atau iDoJo di Swiss-Belhotel di Jakarta. Indonesia Developer Journey merupakan sebuah program terpadu yang sengaja dirancang khusus untuk para pengembang konten yang berasal dari Indonesia. Tentunya melalui serangkaian acara dalam program iDoJo tersebut, para pengembang asal Indonesia didorong agar dapat berkolaborasi dengan baik untuk menciptakan aplikasi baru yang mumpuni dan tepat guna.

Program Indonesia Developer Journey sendiri akan diadakan dalam beberapa tahapan utama, yakni Developer Marketing yang lebih mengarah kepada nilai jual produk itu sendiri, Protoyping yang memang akan diarahkan untuk pengembangan konsep awal dan pameran purwarupa dari software yang sudah dikembangkan para develover, Intel Rock Star Developer 2014, Promoting, reward dan juga Liga Developer Indonesia. Dalam rangkaian program Indonesia Developer Journey akan dimulai dari Developer Marketing terlebih dahulu.

Dalam tahap Depelover Marketing, Intel akan bersama dengan berbagai pendukung acara akan mengadakan seminar khusus di lokakarya dan juga mengadakan pelatihan khusus untuk para developer yang memang tergabung kedalam program Indonesia Developer Journey ini. Dalam seminar dan juga lokakarya tersebut, rencanannya Intel sendiri akan memamerkan teknologi terbarunya dalam dunia perangkat lunak. Perusahaan raksasa pembuat mikroprosesor tersebut juga rencananya akan membagikan software development kit berbagai produknya yang dapat dimanfaatkan para pengembang nantinya dalam upaya mengembangkan software buatannya tersebut.

Jika sesuai rencana, tahapan ini sendiri memang sudah dimulai pada 13 Maret hingga 14 Maret 2014 kemarin di Jogyakarta dan kabarnya ini akan berlanjut di kota Bandung pada 21 Maret 2014 mendatang. Tentunya setelah melewati tahapan-tahapantersebut, nantinya para pengembang diharapkan sudah mulai untuk mengembangkan konsep dari aplikasinya tersebut. Untuk purwarupa dari aplikasi yang akan dikerjakannya tersebut nantinya akan dipamerkan di tahapan Prototyping Day.

Dalam tahap Prototyping tersebut, nantinya para ahli akan memberi masukan yang berarti, memberikan petunjuk dan juga konsultasi yang lebih lanjut untuk purnarupa produk pengembang tersebut. Rencananya acara ini sendiri akan diadakan di empat universitas di Indonesia, yaitu Institut Teknologi Bandung, IT Telkom, Universitas Indonesia dan juga UIN Sunan Kalijaga di Jogjakarta.

Beberapa tahapan tersebut nantinya akan langsung dilanjutkan dengan sebuah acara khusus yang bernama Intel Rock Star Developer 2014 yang didalamnya Intel rencanaya akan mendorong para pengembang tersebut mewujudkan ide purnarupa mereka menjadi sebuah aplikasi yang nyata daj siap pakai. Untuk aplikasi terbaik nantinya akan mendapatkan penghargaan khusus dari pihak Intel.

Selain itu, iDoJo juga kabarnya akan diisi dengan sebuah ajang yang bernama Liga Developer Indonesia dimana ajang ini ditargetkan akan menjadi pusat kumpulan aplikasi pilihan buatan Indonesia yang pertama.

 

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *