Tanggapan Google Tentang Isu Akun Gmail di Hack

By on October 4, 2014
7.-Memaksimalkan-fitur-gmail

Kebanyakan penyedia layanan internet, biasanya mereka akan langsung kebingungan kalau akun pengguna mereka berhasil dibobol oleh para hacker yang ingin memanfaatkan ini sebagai ajang pamer kemampuan. Tapi berbeda dengan Google, perusahaan raksasa IT ini justru terkesan cukup santai, walaupun belakangan ini mendapat laporan kalau di luar sana terdapat jutaan akun Gmail yang berhasil dibobol dan menjadi konsumsi orang iseng lainnya.

Seperti dikutip dari laman Tech Radar, sebuah kabar yang berkembang menyatakan kalau saat ini, terdapat lebih dari 5 juta akun Gmail yang sudah berhasil diretas dengan menggunakan daftar yang berisi alamat email dan password pengguna aslinya. Sebuah daftar yang maish belum diketahui dari mana asal mulanya tersebut, dilaporkan diunggah pada awal minggu ini dalam sebuah forum dunia maya yang berbasis di Rusia.

Walaupun begitu, pihak Google sendiri menyatakan kalau semua dokumen yang berisi informasi akun Gmail para penggunanya tersebut merupakan hasil dari dokumen buangan atau dokumen sampah, jadi dokumen itu bukan berasal dari aktivitas peretasan yang selama ini dituduhkan.

Pihak Google juga membenarkan kalau dokumen buangan yang mengandung username dan password Gmail tersebut didapat dari website-website lain yang memang telah lebih dulu dibobol oleh si hacker. Berdasarkan pernyataan pihak Google, hal tersebut utamanya disebabkan karena kebiasaan para pengguna yang sampai sekarang masih sering menggunakan password yang sama untuk semua akun yang mereka gunakan.

Selain itu, para pengguna juga jarang memberikan infomasi pribadi, dan konfirmasi akun via sms sebagai bukti kepemilikan akun. Kalaupun ada yang memberikan data tersebut, paling-paling hanya menggunakan kode rahasia saja, itupun terkesan dibuat asal-asalan, padahal konfirmasi melalui sms sangat penting dilakukan untuk memberikan keamanan lebih kepada akun yang anda gunakan.

Untungnya, pihak Google juga menyatakan kalau jumlah akun Gmail yang saat ini sudah berhasil diretas tidak sampai jutaan, akan tetapi hanya sekitar ratusan ribu akun saja. makanya pihak Google sangat percaya kalau hanya terdapat kurang dari 2 persen saja kombinasi username dan password yang masih bisa dimanfaatkan oleh para hacker cupu tersebut.

Beberapa akun Gmail yang telah berhasil diretas tersebut saat ini sudah di-reset ulang oleh pihak Google. Tapi Google sebdiri akan memberikan notifikasi khusus kepada pengguna yang akunnya telah berhasil dibobol dengan tujuan supaya mereka mengganti password mereka dengan password yang lebih kuat. Selain itu, Google juga menyarankan untuk menggunakan kata sandi kombinasi untuk memperkuat password yang anda gunakan.

Tidak lupa, selalu gunakan fasilitas konfirmasi melalui telpon seluler supaya akun anda benar-benar bersifat pribadi, jadi kalau ada kejadian yang tidak diinginkan, anda bisa mendapatkan kembali akun anda dengan mudah.

 gmail-1

 

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *