Tanda-Tanda Komputer Crash

By on November 3, 2013
5.Tanda-Tanda Komputer Crash1

Komputer crash merupakan salah satu masalah serius. Umumnya, crash terjadi tanpa adanya peringatan yang jelas. Jika ini terjadi, kebanyakkan dari Anda langsung melakukan reboot secara manual atau bahkan mereset komputer secara paksa. Sebenarnya, Anda bisa mengetahui peringatan atau tanda saat komputer crash.

Biasanya tanda tersebut diawali dengan masalah kecil yang diabaikan yang akhirnya membuat komputer Anda menjadi crash. Hardware Conflict adalah salah satu tanda bahwa komputer Anda crash. Hardware conflict biasanya terjadi karena 2 komponen dalam sebuah PC menggunakan resource yang sama untuk menjalankan sebuah fungsi. Contohnya, audio conflict yang berakibat tidak berfungsinya audio pada komputer atau PC Anda.

Sebelum ini terjadi, Anda bisa melihatnya pada Windows Device Manager. Jika hardware mengalami konflik maka akan ditandai dengan tanda seru berwarna kuning. Cara cepat untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menginstall ulang driver khusus untuk hardware yang mendapat tanda kuning tersebut. Jika masih terjadi konflik maka Anda bisa mencoba untuk melakukan disable pada salah satunya.

Kalaupun ini dilakukan dan tidak berhasil maka lepas salah satu komponen tersebut dari PC. Masalah lain yang dapat menyebabkan komputer crash adalah corrupt program atau file. Salah satu tandanya adalah file atau program yang biasanya bisa Anda akses mendadak tidak bisa diakses atau corrupt. Untuk masalah yang satu ini, pastikan jika antivirus Anda berjalan secara normal dan sudah dalam keadaan terupdate.

Jika sudah, segera lakukan scan malware full system. Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab file atau program mengalami corrupt adalah virus. Selain itu corrupt juga bisa disebabkan karena kerusakan hard drive. Periksalah harddrive melalui Windows Device Manager. Ada pula kondisi dimana Hard Drive terlalu lambat atau terlalu berisik.

Hal semacam ini bisa menjadi pertanda bahwa komputer Anda mengalami crash. Yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan drive dan backup data demi keamanan data-data penting Anda.  Ada kasus dimana Anda akan melihat pesan “boot device not found” ketika booting komputer. Pesan ini menandakan bahwa PC Anda mengalami boot error.

Kasus ini juga bisa menjadi pertanda bahwa komputer Anda mengalami crash. Biasanya ini terjadi karena adanya kerusakan hard drive atau installasi windows yang corrupt. Salah satu solusinya adalah dengan mengganti hard drive atau install ulang windows. Pastikan Anda sudah mencolokkan hard drive USB. Ini karena sebagian PC bisa jadi menjalankan boot melalui USB sebelum hard drive.

Kondisi ini akan menyebabkan boot error yang berujung pada komputer crash. Kini, Anda sudah mengetahui beberapa tanda jika komputer Anda akan mengalami crash. Lebih baik Anda cegah crash sedini mungkin agar performa komputer atau PC Anda tetap terjaga.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *