Tahukah Anda Jenis Layar Android Anda?

By on February 15, 2015
3. Tahukah Anda Jenis Layar Android Anda 1

Pada saat Anda membeli sebuah perangkat Android, apakah Anda pernah paham jenis layar apakah yang disematkan di perangkat yang Anda beli? Mungkin Anda tahu nama jenis layarnya (IPS, TFT, AMOLED, OLED, BRAVIA, dll) dari membaca informasi di box atau pada brosur tentang perangkat itu, namun apakah Anda  tahu bedanya jenis-jenis layar yang ada pada smartphone Android? Jika Anda gagal paham dengan jenis-jenis layar pada Android simak ulasan setiap layar berikut ini.

IPS LCD

Layar yang paling banyak dipakasi saat ini yang merupakan pengembangan layar LCD dengan kelebihan gambar yang ditampilkan bisa dipandang dari berbagai sudut yang lebih besar dari jenis layar lain. Layar jenis ini juga masih jelas terlihat dibawah sinar matahari, namun membutuhkan daya yang besar dan kecerahan yang kurang.

TFT

Layar TFT adalah layar dengan resolusi yang cukup tinggi dengan mempergunakan teknologi Thin Film Transistor. Kelemahan dari layar jenis TFT adalah konsumsi daya yang sangat tinggi. Layar jenis ini dulu banyak dipergunakan sebelum IPS LCD hadir karena murah biaya produksinya.

OLED

OLED adalah layar yang dibuat dengan teknologi Organis Light Emitting Diode, Layar ini bisa dibuat dengan ukuran yang jauh lebih tipis dan juga dengan fleksibilitas yang jauh lebih baik. Namun layar jenis ini tak terlihat di bawah sinar matahari dan oleh karenanya jarang dipergunakan sebagai layar Android.

AMOLED

Adalah jenis layar yang dibuat dengan perpaduan OLED dan TFT yang melahirkan Active Matrix OLED. Banyak kelebihan layar AMOLED seperti gambar yang sangat jernih, respon terhadap sinyal yang sangat cepat dan juga sangat hemat daya listrik. Namun kelemahanya jika dipergunakan sebagai layar Android adalah harganya yang mahal.

Super AMOLED

Super AMOLED adalah hasil pengembangan AMOLED oleh perusahaan Samsung. Jenis layar ini memiliki kualitas  yang jauh lebih baik dari AMOLED, bahkan jelas terlihat di bawah sinar matahari. Layar jenis ini hanya dipergunakan pada Samsung Galaxy S series dan produk-produk Samsung yang termasuk kelas premium.

Super AMOLED Plus

Super AMOLED Plus adalah layar hasil update dari Super AMOLED, yaitu update di segi kualitas kecerahan layar, ketajaman gambar serta pengurangan daya baterai, sehingga membuat perangkat yang memakai layar ini semakin irit daya baterai.

Super AMOLED HD

Super AMOLED HD adalah layar android buatan Samsung yang mempergunakan teknologi layar Super AMOLED namun mendukung resolusi HD yaitu 1280 x 720 piksel. Gambar yang dihasilkan oleh layar jenis ini sangat jelas dan sangat natural.

Mobile Bravia Engine

Layar jenis ini biasanya dipergunakan pada perangkat Sony. BRAVIA engine sebenarnya teknologi layar TV namun kemudian diadaptasi pada perangkat mobile dan menampilkan gambar yang sangat natural dengan kontras tinggi dan detail yang sangat jelas.

layar android, jenis layar android, hp android, android

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *