Sulap Laptop Lama Jadi Baru

By on December 11, 2013
5.Sulap Laptop Lama Jadi Baru1 - Copy

Seiring dengan semakin akrabnya masyarakat dengan teknologi, produk teknologi seperti laptop tentu sudah bukan hal asing bagi banyak orang di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Berbagai produk laptop terbaru dengan spesifikasi yang lebih baru dan canggih semakin sering dilempar ke pasaran, tetapi hal ini tidak berarti bahwa Anda akan mengganti laptop sesering mengganti ponsel karena harga laptop boleh dikatakan tidak murah.

Ada kalanya Anda mempunyai keinginan untuk mengganti laptop lama Anda dengan laptop yang baru dengan alasan laptop tersebut sudah terlalu lama digunakan sehingga performanya jauh berkurang dibandingkan performa awalnya. Jika Anda menggunakan komputer atau laptop dengan usia lebih dari tiga tahun, laptop tersebut terlihat semakin lambat dan kuno. Selain memang laptop tersebut mempunyai perangkat keras yang sudah menurun daya tahannya, ada pula faktor psikologis yang Anda miliki mengingat Anda tentu akan merasa lebih bersemangat saat menggunakan laptop baru.

Namun, Anda tentu tidak bisa berbuat banyak jika Anda tidak mempunyai cukup uang untuk membeli laptop baru. Sebenarnya untuk mendapatkan laptop dengan performa yang seperti baru meskipun Anda sudah menggunakan laptop bertahun-tahun, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut. Bukan sulap bukan sihir, Anda bisa mendapatkan laptop dengan performa yang prima.

Untuk itu, pertama-tama Anda harus membersihkan laptop Anda terlebih dahulu. Kotoran dan debu rupanya juga bisa memberikan pengaruh menurunnya performa laptop Anda. Kotoran tersebut menyebabkan suhu dalam laptop meningkat sehingga semakin lama laptop semakin menurun pula performanya. Untuk membersihkan laptop, Anda cukup membuka bagian bawah laptop menggunakan obeng dan Anda bisa menggunakan air compressor untuk membersihkan debu dan cotton bud untuk membersihkan sudut-sudut tempat debu menumpuk.

Masalah lain yang membuat laptop lama menurun performanya adalah penggunaan sistem operasi dan software dalam laptop. Oleh karena itu, Anda bisa menguninstall software laptop Anda serta menghapus bad registry. Namun, jika cara ini tidak memberikan hasil yang Anda harapkan, mau tidak mau Anda sebaiknya menginstal ulang sistem operasi. Anda juga perlu mempertimbangkan menggunakan sistem operasi baru yang lebih ringan misalnya.

Performa laptop yang sudah berumur bisa ditingkatkan dengan cara mengupgrade RAM terutama jika Anda ingin menggunakan sistem operasi baru yang membutuhkan memori lebih banyak. Upgrade RAM ini banyak disarankan karena cara ini dianggap paling mudah dilakukan dibandingkan dengan melakukan upgrade hardware lain pada laptop. Anda tidak perlu membuka keseluruhan bodi laptop untuk mengganti RAM lama dengan RAM baru.

Jika Anda mengalami performa laptop yang kurang terutama saat browsing internetmenggunakan laptop lama, Anda bisa mengganti wireless adapter dengan yang baru. Anda juga bisa memasang Solid State Drive (SSD) yang mempunyai performa yang lebih cepat dibandingkan dengan hard drive yang selama ini masih umum digunakan.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *