Sukses Samsung Bukan Hasil Jiplakan

By on April 19, 2014
5. Google Bersaksi di Pengadilan Apple Vs Samsung 3

Proses persidangan tuntutan hak paten pihak Apple terhadap Samsung kembali digelar pada Senin kemarin di Pengadilan San Jose di California. Dalam acara persidangan tersebut, salah satu agendanya adalah mendengarkan pendapat dari pihak Samsung untuk memberikan penjelasan. Menurut pihak Samsung, kesuksesan Samsung tersebut dicapai karena strategi pemasaran mereka yang hebat, bukan hasil dari meniru Apple atau produknya.

Dale Sohn, yang merupakan mantan CEO Samsung Mobile, US Division. Dihadirkan sebagai salah satu saksi yang dihadirkan oleh pihak Samsung pada sesi dengar pendapat tersebut. Dalam pemaparannya, Sohn berpendapat bahwa momentum kesuksesan Samsung di AS dimulai pada tahun 2011 berkat perubahan strategi yang dilakukan oleh Samsung, dan ini tidak ada hubungannya dengan meniru desain produk Apple seperti yang diklaim oleh pihak Apple selama ini.

Dalam pemaparannya, Sohn mengatakan bahwa beberapa strategi Samsung yang efekti dan pada saat itu belum dilakukan oleh perusahaan lainnya adalah bagaimana cara Samsung dalam menggandeng operator telepon seluler dalam hal pemasaran produk-produk mereka dan keputusan untuk menganggarkan dana pemasaran yang lebih besar, dan bahkan yang terbesar dari perusahaan lainnya.

Ketika iPhone diluncurkan pada tahun 2007 yang lalu, harga yang dibanderol Apple dan metodenya yang menjual eksklusif dengan operator AT&T disadari Samsung ternyata memiliki peluang yang menguntungkan untuk pihak Apple. Setelah itu pada tahun 2011 silam, dengan cara melihat posisi Samsung yang tertinggal di belakang Apple, maka tentu saja Samsung langsung memutuskan untuk mengubah cara mereka beriklan yang dilakukan di berbagai media.

Keseriusan Samsung itu langsung dibuktikan dengan berani berpromosi sepanjang tahun secara penuh. Tentu saja hal tersebut menjadi strategi yang sangat hebat, karena pasaran Samsung melonjak drastis dan produk-produk mereka diketahui banyak orang.

Sohn mengatakan bahwa strategi tersebut terbukti manjur dan bahkan sangat luar biasa, hingga pada akhir tahun 2012 yang lalu, pihak Samsung bisa menjadi salah satu merek yang paling direkomendasikan dan paling dikenal di seluruh Amerika Serikat. Ketika itu pangsa pasarnya melonjak tajam dari 10 persen di tahun 2010 menjadi 30 persen pada akhir 2012 yang lalu.

Dalam persidangan tersebut juga, pihak Samsung menghadirkan juga developer Google untuk bersaksi tentang beberapa fitur Samsung yang dituduh Apple ditiru darinya, yang sebenarnya justru dikembangkan oleh Google sendiri. Tapi pihak Google mengaku tidak tahu bagaimana Samsung akan memodifikasi fitur tersebut untuk keperluan smartphone-nya tersebut.

Dengan kata lain, pihak Google menyatakan bahwa dirinya yang mengembangkan aplikasi-aplikasi yang di klaim Apple tersebut, tapi setelah itu pihak Samsung yang memodifikasinya hingga menjadi fitur samsung yang dipakai pada saat itu.

samsung-vs-apple

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *