Step Mudah Membersihkan Ponsel Android

By on November 15, 2013
4. Step Mudah Membersihkan Ponsel Andorid2

Memiliki smartphone memungkinkan Anda untuk mengakses banyak jenis aplikasi yang bisa memudahkan anda. Anda bisa bermain game, chatting, membaca berita, maupun browsing. Saking banyaknya aplikasi pada smartphone Anda, Anda terbiasa membuka semuanya secara bergantian tanpa melakukan pembersihan pada smartphone Anda. Hal ini bisa membahayakan smartphone Anda karena performanya bisa menurun dan Anda akan menemui kesulitan untuk melakukan sesuatu di smartphone Anda.

Untuk meningkatkan performa kerja smartphone Anda, Anda harus rajin membersihkannya. Namun, jangan samakan pembersihan pada smartphone dengan pembersihan rumah Anda yang hanya dilakukan setahun sekali. Karena ponsel Anda digunakan hampir setiap saat, maka sudah barang tentu Anda wajib membersihkannya sesering mungkin. Berikut ini adalah beberapa saran yang bisa Anda terapkan untukmembersihkan ponsel android Anda.

Back Up Data

Sebelum memulai pembersihan, Anda wajib melakukan back up pada ponsel Anda agar semua data yang Anda miliki tidak menghilang atau tersapu saat pembersihan. Untuk melakukan back up pada ponsel anda, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti menyiapkan Dropbox, mengupload di social media, atau memilih cara tradisional dengan mentransfer data di ponsel Anda ke computer atau laptop. Cara back up yang Anda pilih tidak mempengaruhi langkah selanjutnya. Yang penting, Anda tidak akan kehilangan file atau aplikasi yang menarik.

Browser Cache

Sebenarnya, Browser Cache bisa membantu Anda untuk mencari halaman yang sudah Anda cari sebelumnya. Hanya saja, terkadang datanya terlalu banyak hingga memperlambat kinerja ponsel. Untuk membersihkan ponsel android Anda dari browser cache, Anda bisa melakukannya tanpa mendownload aplikasi. Yang perlu Anda lakukan adalah meng-klik Clear Cache yang terdapat pada pengaturan ponsel.

Update Aplikasi

Aplikasi atau software yang sudah basi juga bisa menjadi penyebab menurunnya performa ponsel android Anda. Untuk itu, sebaiknya Anda selalu memastikan bahwa gadget Anda up to date dengan mengeceknya pada software update dan application update. Dengan begitu, Anda tidak perlu direpotkan dengan lemotnya aplikasi yang sudah basi dan ketinggalan jaman.

Install Cleaner Application

Mungkin Anda memiliki terlalu banyak aplikasi hingga untuk menghapus cache-nya dibutuhkan waktu yang sangat lama. Untuk itu, Anda bisa menginstall aplikasi yang digunakan untuk membersihkan semua cache dari aplikasi dengan satu kali klik. Anda bisa memilih Clean Master untuk membantu Anda membersihkan cache pada aplikasi di ponsel.

Lakukan Rooting

Cara ini merupakan cara keluar jalur yang sebenarnya bisa membantu Anda untuk menambah kinerja ponsel anda. Dengan melakukan rooting, Anda bisa mendapatkan lebih banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan ponsel android anda. Meskipun begitu, Anda harus menerima konsekuensi kehilangan garansi apabila Anda melakukan rooting pada ponsel android Anda.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *