Speaker iPhone Unik Karya Anak Bangsa Wujud Cinta Bumi

By on January 27, 2014
2.Speaker iPhone unik Karya Anak Bangsa Wujud Cinta Bumi(1)

Seiring dengan maraknya penggunaan iPhone di masyarakat. Speaker iPhone menjadi barang yang umum berada di pasaran. Namun, speaker iPhone menjadi hal yang unik ketika bahan dasar pembuatnya adalah barang alami. Anak-anak Indonesia menunjukkan hasil kreativitasnya dengan menghasilkan produk speaker unik bernama Cueva. Cueva adalah speaker iPhone unik karya anak bangsa yang terbuat dari kayu asli Indonesia.

Berawal dari sebuah tugas kampus, speaker iPhone unik ini dibuat oleh sembilan mahasiswa SBM ITB yang merupakan anggota dari Earth.co. Speaker iPhone unik optimis akan dapat menembus pasar masyarakat dengan keunikan yang didapatkan dari bahan dasar pembuat casingnya yaitu kayu Sonokeling atau yang juga disebut Indonesian Rosewood. Bentuknya dibuat menyerupai perahu dalam posisi tidur. Sisi kanan dan kiri terdapat lubang dengan rupa bulan yang digunakan sebagai bagian penting yaitu speaker. Hal lain yang juga unik dari produk ini adalah adanya dock yang juga menjadi speaker pasif. Dock yang berfungsi juga sebagai speaker pasif ini tentunya tidak dihubungkan dengan listrik, hanya bagian bawah yang terdapat lubang dikhususkan untuk kabel charger pada iPhone. Bagian tengah dari produk ini digunakan sebagai tempat meletakkan iPhone.

Cueva berasal dari kata dalam Bahasa Spanyol yang memiliki makna gua. Produk pertama mereka dinamai Grande. Terdapat dua tipe Grande yaitu Grande Dark dan Grande Light yang dibuat dengan kombinasi kayu Sonokeling dan Sungkai (Ashwood).

 speaker iphone, cueva, ios, fitur iphone

Ide awal pembuatan speaker unik dengan bahan alami dari kayu ini berasal dari pengamatan kebiasaan mendengarkan musik pada masyarakat. Masyarakat yang banyak menggunakan headset lama kelamaan dapat merusak telinga. Speaker unik ini diharapkan dapat memberikan kesan berbeda dalam kegiatan mendengarkan musik.

Menurut para pembuatnya, ponsel iPhone menjadi pilihan ide dasar pembuatan speaker ini karena konsistensi penempatan speaker pada iPhone. Speaker iPhone selalu diletakkan dibawah sedangkan peletakan speaker ponsel pintar merk lain lebih bervariasi. Pembuatan speaker unik Cueva ini didesain dengan bekerja sama dengan jurusan Teknik Fisika dari ITB untuk merancang bagian penguat suara pada speaker. Cueva memiliki suatu ruangan akustik yang memiliki kemampuan untuk memantulkan suara yang ada sampai tiga kali tingkat lebih kuat dari aslinya. Speaker ini baik digunakan untuk penggunaan dalam jarak 0.3 meter sampai 1.5 meter.

Speaker unik Cueva diproduksi dengan bahan dari alam Indonesia, didesain oleh anak-anak Indonesia dan diproduksi oleh para penghajin di Bandung. Pembuatannya dilakukan dengan tangan atau handmade. Produksi maksimal yang dapat dikerjakan oleh para pengrajin ini sebulannya adalah 21 buah. Tiap satu produk Cueva membutuhkan waktu pengerjaan selama 21 jam. Adanya speaker unik Cueva dengan bahan alami menunjukkan kemampuan anak bangsa Indonesia memiliki kreativitas yang luar biasa.

speaker iphone, cueva, ios, fitur iphone

BACA JUGA:

COS Ancaman Kepopuleran iOS dan Android

iOS 7 Bermasalah Apple Update iOS 7.1

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *