Solusi Komputer Ngadat Booting

By on November 5, 2013
5. Solusi Komputer Ngadat Booting 1

Ada banyak sekali permasalahan yang dihadapi oleh pengguna komputer yang membuat pekerjaan mereka tertunda atau bahkan gagal. Komputer bukanlah sebuah benda yang sempurna yang bebas dari masalah karena bagaimanapun itu adalah buatan manusia. Ada beberapa masalah mendasar yang sering menghinggapi para pengguna komputer dan salah satunnya adalah komputer ngadat booting atau tidak mau hidup.

Komputer tidak mau booting walau listrik sudah dicolokkan pastilah ada kesalah dan kerusakan yang terjadi. Yang paling sering terjadi adalah hard disk tidak terdeteksi. Jika hard disk tidak terdeteksi, komputer tidak akan mau booting sebab file booting terletak pada hard disk tersebut. Jika masalah yang terjadi adalah karena hard disk eksternal, maka cabutlah hard disk tersebut dan coba restart lagi. Jika masalah yang terjadi karena hard disk internal maka buka body komputer dan cek kabel yang terhubung pada hard disk baik SATA maupun IDE.

Pastikan kabel terpasang dengan benar dan pastikan socket master/slave terpasang sesuai kebutuhan. Setelah kabel dipasang, masuk ke BIOS dan cek apakah hard disk sudah terdeteksi. Jika sudah maka Anda bisa restart komputer lagi. Jika belum terdeteksi, coba dengan kabel hard disk lain untuk menjajal hard disk tersebut. Setelah terdeteksi kembali, pasti komputer Anda akan bisa booting lagi dengan normal.

 

Hal kedua yang bisa menyebabkan komputer ngadat booting adalah RAM dan VGA. Ciri-ciri komputer yang ngadat karena RAM dan VGA adalah suara beep berulang kali namun tidak ada tampilan di monitor. Cara cepat mengatasi masalah ini adalah dengan melepas  RAM dan/atau VGA kemudian bersihkan pin dengan cara digosok pakai kain bersih kering atau karet penghapus. Jangan lupa sikat slot dengan kuas halus atau semprot dengan kompresor tekanan rendah agar debu hilang. Setelah itu pasang kembali.

Hal lain yang bisa menyebabkan komputer tidak mau booting adalah prosesor yang terlalu panas. Panas dari prosesor yang berlebih bisa dikarenakan pemasangan cooler yang tidak pas atau karena overclocking. Solusi untuk hal ini adalah gunakan heatsink yang bagus, fan yang bermutu serta gel pendingin yang berkualitas. Dengan pemasangan pendingin yang pas maka suhu prosesor akan bisa dijaga pada suhu optimum, kalau tidak prosesor akan kepanasan dan berpotensi melelehkan inti prosesor dan Anda harus membayar mahal untul prosesor baru.

Hal terakhir yang menyebabkan komputer ngadat booting adalah system corrupt atau kerusakan sistem komputer yang ditandani dengan peringatan akan hilangnya beberapa jenis file seperti ntldr.dll. solusi untuk masalah ini adalah instal ulang windows Anda atau cukup repair saja. Jika Anda tahu file mana yang hilang maka bisa Anda gantikan dengan mengambil file yang sama dari komputer lain. Selamat mencoba.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *