Solusi Dari Ericson Untuk Masalah Jaringan

By on March 14, 2014
slide-1-638

Aibat dari pesatnya pertumbuhan kapasitas akses Internet di Indonesia, tentu saja ini menjadi salah satu tantangan besar bagi operator jaringan untuk menambah kapasitas jangkauan jaringan layanannya. Ketika berada dalam lingkungan gedung atau ketika berada di indoor, kita akan menemukan akses Internet yang sering kali tersendat akibat gelombang radio yang dipancarkan oleh BTS tidak mampu untuk menjangkau perangkat secara maksimal. Akan tetapi, di sisi lain juga pengguna data terus mendambakan layanan yang tetap berkualitas baik di manapun dan juga kapanpun dia berada.

Utnuk mengakomodir semua tantangan tersebut, Ericsson telah memberikan terobosan penting dengan menyediakan sebuah perangkat seluler radio mini yang dapat digenggam tangan penggunanya yang bernama  Ericsson Radio Dot System yang merupakan sebuah alat semacam BTS mini yang akan menjangkau dalam ruangan yang dituju para pengguna. Dan uniknya lagi, alai ini sepintas bentuk sangat simpel dengan bentuk bulat dan lebih mirip seperti tempat bedak wanita.

Menurut sam Saba yang merupakan presiden Direktur Ericsson Indonesia menjelaskan bahwa rilis perangkat ini merupakan salah satu strategi perusahaan mereka untuk menjaga jarak dengan para kompetitor yang selama ini terus melakukan banyak inovasi. Ericsson Radio Dot System ini kabarnya memiliki bobot hanya 300 gram dengan memperkenalkan elemen antena ataupun dot yang akan terhubung dan akan diperkuat melalui kabel Internet standar ke unit radio dalam ruangan yang terhubung ke BTS secara langsung.

Sistem Radio Dot ini memanfaatkan fitur penting yang ada pada BTS makro yang dimiliki Ericsson sehingga akan mudah dalam penyesuaian kapasitas dan juga jangkauan untuk akses mobile broadband. Cara kerjanya, sistem ini langsung terintegrasi dengan produk WiFi Ericssonsecara otomatis. Tentu saja dengan a lat ini, Saba berharap para pengguna akan lebih mudah untuk mendapatkan akses tanpa menemukan banyak gangguan jaringan ketika berada dalam ruangan. Saba juga menambahkan bahwa teknologi hari ini dinilai sangat mahal dan butuh inovasi untuk menjawab tantangan yang kompleks seperti sekarang ini.

Sedangkan jika dilihat dari sisi efisiensi sendiri, Ericsson Radio Dot System ini juga disebut akan menawarkan kemudahan dalam membangun jangkauan dalam ruangan untuk para penggunanya yang akhirnya menekan biaya pembangunan jaringan untuk para provider. BTS mini ini juga akan menawarkan kapasitas yang kabarnya hampir tak terbatas sehingga para pengguna bisa jadi tidak akan menemukan kelambatan akses Internet.

Walaupun ukurannya sangat kecil, akan tetapi Ericsson Dot System ini memiliki skala kapasitas yang sangat mudah dipasang dan dapat mengikuti perkembangan dan 100 persen dapat terintegrasi dengan jaringan mobile yang sudah ada di sekitar pengguna. Dalam kesempatan tersebut, Saba juga mengatakan ada beberapa operator terkemuka di dunia telah kepincut untuk mengadopsi solusi ini.

Ericsson-Radio-Dot-System

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *