Smartphone Berlayar Lebar Diprediksi Semakin Menjamur

By on May 15, 2014
1941457Ilustrasi-pengguna-ponsel780x390

Kalau kita amati lebih lanjut, seberapa populerkah smartphone berlayar lebar sekarang ini, sampai-sampai beberapa produsen smartphone mempunyai produk dengan layar ponsel yang lebih lebar? Hal tersebut terungkap lewat hasil penelitian terbaru dari lembaga riset Canalys yang menyatakan bahwa bahwa ponsel pintar bongsor berukuran 5 inci ke atas ternyata semakin diminati oleh konsumen dan terus mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dari waktu ke waktu.

Menurut data dari laporan kuartal pertama tahun 2014 Canalys yang dilansir juga oleh situs The Next Web tersebut menjelaskan bahwa angka pengkapalan smartphone dengan layar 5 inci atau lebih besar ternyata tumbuh sebanyak 369 persen jika dibandingkan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, angka tersebut jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pertumbuhan year-over-year dari keseluruhan angka pengkapalan smartphone yang tercatat sebesar 29 persen dari total pengkapalan dalm tiap kuartal.

Untuk kategori ponsel jumbo 5 inci ke atas pun tercatat masih tetap menguasai lebih kurang sepertiga dari seluruh pangsa pasar smartphone di pasaran global ini. Hal ini semakin membuktikan bahwa konsumen sudah sangat nyaman dengan bentangan layar yang lebih lebar dari kebanyakan smartphone yang mereka pakai di tahun-tahun sebelumnya.

Jessica Kwee, yang merupakan analis Canalys mengatakan bahwa satu hal yang sangat menarik perhatian adalah sebuah fakta yang mengatakan bahwa hampir setengah atau lebih tepatnya sebesar 47 persen smartphone high-end yang dijual dengan harga ritel 500 dollar AS ke atas ternyata mengusung ukuran layar sebesar 5 inci atau lebih besar dari itu.

Secara khusus, pasar smartphone denga layar 5 inci ke atas ini masih dikuasai oleh Samsung dengan angka yang mencapai 44 persen, setelah itu disusul oleh Lenovo di urutan kedua, kemudian Huawei di urutan ketiga, LG di urutan, dan yang terakhir Sony yang menempati urutan ke lima.

2158338canalys340x340Lantas, bagaimanakah dengan Apple yang selama ini tidak memiliki produk ponsel dengan layar lebar seperti produsen-produsen lainnya?

Harus diakui bahwa konsumen saat ini lebih menginginkan bentangan layar yang lebih lebar pada perangkat high-end mereka, dan ketidakhadiran Apple pada pasar ini sepertinya tidak akan berlangsung lama. secara khusus Kwee mengatakan bahwa Apple memang ramai dikabarkan akan memperlebar layar pada produk smartphone berikutnya, yakni iPhone 6. Hal ini berarti tahun depan Apple juga akan meramaikan persaingan smartphone yang berlayar lebar.

Pada kuartal ini daja, berdasarkan data yang didapat Canalys, tenryata platform Android masih kembali tercatat sebagai platform yang menguasai sebagian besar pasar smartphone dengan pangsa 81 sebesar persen, sedangkan untuk sisanya masih dibagi antara iOS sebanyak 16 persen dan Windows Phone sebnayak 3 persen.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *