SmartEyeglass. Saingan Terbaru Untuk Google Glass

By on March 10, 2014
sony-smarteyeglass-4_ah

Semakin maraknya inovasi dala dunia gadget dan persaingan yang sangat besar didalamnya telah membuat Sony harus melakukan beberapa langkah inovasi terbaru untuk membuat persaingan di dunia gadget ini semakin sengit. Rupanya, karena tidak mau sampai ketinggalan demam wearable device yang berupa kacamata pintar seperti google glass yang banyak mencuri perhatian dunia.

Hal tersebut telah membuta produsen elektronik yang terkenal dengan produk audionya tersebut  menunjukkan purwarupa dalam sebuah perangkat kacamata pintar bernama SmartEyeglass pada sebuah konferensi DevCon yang telah berlangsung pada minggu lalu di kota San Francisco Amerika Serikat.

Sebagaimana telah dilaporkan oleh PCWorld, dalam fungsinya SmartEyeglass ini akan memiliki fungsi yang sangat mirip dengan kacamata pintar milik Google yang bernama Google Glass, kacamata ini akan berfungsi untuk menampilkan beberapa informasi penting pada layar di depan mata para penggunanya.

Akan tetapi ada sedikit perbedaan yang sangat mencolok dimana layar SmartEyeglass ternyata bukan berupa prisma kecil seperti miliknya Googleglas, akan ttapi perangkat pintar ini akan terlihat lebih menyerupai sebuah kacamata biasa saja dengan sepasang lensa yang aktif. Semua Informasi yang di dapat akan ditampilkan di sepasang lensa transparan tersebut dengan lengkap.

Nantinya, Lensa yang terdapat pada SmartEyeglass ini akan dibuat sedemikian rupa supaya teks yang akan muncul tersebut akan terlihat sangat berada jauh di depan penggunanya supaya lebih nyaman dibaca, terutama ketika sedang beraktifitas di luar.

Dalam kesempatan tersebut, Sony juga turut membenamkan beberapa fitur lainnya yang biasa kita temukan pada smartphone belakangan ini, seperti kamera terintegrasi yang baik, sebuah mikrofon serta berbagai rangkaian sensor akselerometer lainnya, sebuah giroskop dan bahkan sebuah kompas penunjuk arah.

Lewat sebuah video demo yang juga dilansir oleh IDG News Service, sepertinya para pemakai SmartEyeglass sedang berjalan di sebuah bandar udara dan dia mendapatkan sebuah petunjuk ke arah loket check-in  di bandara tersebut. Setelah itu, dalam skenario penggunaan lainnya termasuk update skor terbaru dari sebuah pertandingan olahraga serta adanya notifikasi SMS dan juga adanya missed call dalam perangkatnya.

Sekarang ini SmartEyeglass masih hanya berupa purwarupa saja dan harus diaku bahwa ini bisa dikatakan masih belum secanggih GoogleGlass miliknya Google. Disana kita bisa melihat bahwa perangkat ini ternyata beroperasi lewat sebuah unit pengontrol yang terpisah yang juga dilengkapi dengan papan sentuh khusus untuk keperluan navigasi dalam menjalankan semua fungsinya, include tombol power dan juga kamera.

Saat ini Sony sedang berusaha untuk menarik minat para developer agar mereka mau mengembangkan aplikasi lain untuk perangkat tersebut. Sebuah Software development kit untuk SmartEyeglass ini tengah dikembangkan dengan serius. Akan tetapi belum ada kepastian mengenai jadwal ketersediaan Software development kit ataupun purwarupa perangkat SmartEyeglass tersebut.

sony-2

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *