Skype Diretas Oleh Tentara Cyber Suriah

By on January 3, 2014
2. Skype Diretas Oleh Tentara Cyber Suriah

 Tentara Cyber Suriah atau yang lebih dikenal dengan Syrian Electronic Army (SEA) ini kembali membuat sebuah perkara atau ulah dengan meretas serta menyabotase media. Kali ini gilirannya dari layanan video call Skype dari Microsoft yang menjadi sasaran empuk korbannya dan perusahaan induknya yaitu Microsoft yang mengalami kerugian.

SEA dilaporkan telah meretas akun Twitter, lalu akun Facebook, dan juga blog resminya dari Skype ini yang kemudian mengirimkan sebuah pesan yang dituliskan oleh pihak dari SEA itu sendiri. Tertanggal pada 1 Januari tepatnya pukul 16.30 waktu setempat, akun twitter yang bernama @Skype ini terlihat menuliskan sebuah tweet yang berisikan tentang peringatan kepada penggunanya supaya tidak menggunakan layanan email yang berasal dari Microsoft, seperti Microsoft Hotmail dan Outlook. Dikatakan dari Syrian Electronic Army, Microsoft ini telah memanfaatkan data-data dari penggunanya yang tergabung dalam Outlook dan juga Hotmail yang kemudian dijualnya kepada agen pemerintahan Amerika Serikat.

Kicauan tersebut tertulis jelas di akun Twitter resmi milik Skype yang mengatakan demikian ”Don’t use Microsoft email (hotmail or outlook), the are monitoring your accounts and selling the data to the govenements. More details soon #SEA”. Di dalam linimasa Twitter milik Skype ini juga terlihat kalimat yang juga sama dari akun atau laman milik @Official_SEA16 yang kemudian terlihat di retweet oleh akun resmi Skype.

skype, aplikasi

 Selain dibajak, twit dari akun resmi Skype itu juga telah diketahui sudah di retweet sebanyak lebih dari 8.000 kali tweet, sedangkan itu akun resmi twitter Skype ini juga tidak dapat diakses selama sekitar dua jam. Banyak para pengguna Skype dan akun twitter yang menjadi follower nya merasa resah pada saat tweet tersebut di publish, tidak sedikit juga yang langsung menutup akun Skype mereka sesegera mungkin setelah berita atau kejadian ini. Selain itu sang hacker Syria ini juga mengambil alih Facebook dan blog resmi dari Skype. Pesan yang sama ini juga terdapat atau juga terlihat pada laman akun Facebook resmi dari Skype dan juga terlihat pada blog resmi Skype.

Tetapi di dalam blog kepunyaan Skype ini terdapat sebuah tambahan penjelasan dimana blog itu sudah diretas atau dibajak olehSyrian Electronic Army dengan keterangan tulisan “Hacked by Syrian Electronic Army… Stop Spying!”. Pesan itu ditinggalkan sengaja oleh SEA yang merujuk kepada kasus dari pengintaian serta penyadapan yang sudah dilakukan oleh badan intelijen Amerika Serikat, yaitu National Security Agency (NSA). NSA ini telah diketahui sudah menggunakan beberapa dari perusahaan teknologi yang ternama di dunia untuk bisa melakukan sebuah penyadapan. Demikian menurut keterangan yang telah dilansir oleh Mashable, Kamis (2/1).

skype, aplikasi

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *