Shutdown, Hibernate, dan Sleep Pada Komputer Windows

By on December 29, 2013
5.Shutdown, Hibernate, dan Sleep Pada Komputer Windows1

Nah, jika Anda merupakan pengguna komputer Windows, Anda pasti juga sudah sangat mengenal beberapa istilah yang berkaitan dengan power seperti sleep, hibernate, dan shut down. Anda adalah satu dari sekian banyak orang yang sudah cukup akrab dengan istilah tersebut, tetapi mungkin Anda belum memahami mengenai fungsi sebenarnya dari ketiga fitur tenaga tersebut.

Ada beberapa orang yang membiarkan komputer mereka hidup seharian meskipun mereka tidak menggunakannya sepenuhnya dan meninggalkan komputer tersebut untuk melakukan kegiatan lain misalnya. Di sisi lain, ada pula beberapa orang yang memilih untuk selalu mematikan komputer atau laptop setiap kali mereka meninggalkan komputer tersebut untuk melakukan hal lain. Hal ini terjadi karena Anda mungkin tidak begitu paham mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ketiga fitur tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui mengenai fungsi masing-masing fitur yang sama-sama terkesan mematikan komputer.

Fitur shut down boleh dikatakan merupakan fitur yang paling familiar bagi banyak orang karena fitur ini pasti akan Anda pilih ketika akan mematikan komputer dengan menutup semua aplikasi dan menutup sistem operasi yang sedang berjalan sehingga aliran listrik otomatis akan terputus dari komputer. Komputer yang dimatikan dengan proses shut down akan melakukan booting serta menyalakan semua hardware dan program ketika dinyalakan.

komputer windows

Anda mungkin juga sudah mengenal istilah Sleep atau Standby pada komputer Windows dan ketika Anda memilih tombol ini, tenaga listrik tidak akan digunakan karena semua komponen komputer mati kecuali pada memori RAM. Komputer akan hidup lebih cepat ketika Anda akan menyalakan kembali komputer karena tidak ada proses booting. Komputer akan kembali ke keadaan sebelum Anda memilih modus Sleep pada komputer, tetapi modus ini akan menggunakan listrik yang lebih banyak dibandingkan dua modus lainnya.

Modus Hibernate sepintas memang mirip dengan modus Sleep, tetapi semua data pada Ram akan disimpan di hard disk sehingga komputer akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kembali ke keadaan semula setelah dinyalakan kembali. Modus ini biasanya akan otomatis diaplikasikan ketika laptop kehabisan daya baterai. Tidak ada daya listrik yang dikonsumsi seperti modus shut down.

Nah, Anda bisa menggunakan komputer Windows dengan lebih optimal jika Anda menggunakan modus tersebut dengan benar. Modus Sleep bisa Anda pilih ketika Anda meninggalkan komputer atau laptop dalam waktu singkat misalnya untuk makan dan mandi demi menghemat daya baterai. Modus Hibernate bisa Anda pilih ketika meninggalkan komputer atau laptop dalam waktu lama dan berguna ketika Anda tidak menyambungkan laptop ke aliran listrik. Akan tetapi, modus ini kadang menyebabkan beberapa aplikasi tidak berjalan sempurna sehingga ada baiknya Anda memasang modus shut down setiap 2-3 hari sekali untuk menyegarkan kembali komputer Anda.

komputer windows

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *