Sepatu Berbicara dari Google

By on March 14, 2013
google-shoe-1

google-shoe-1

Google memang merupakan perusahaan teknologi yang selalu berkembang dan berinovasi. Selain memproduksi produk-produk aplikasi yang diberikan melalui media maya, Google juga kerap kali membuat inovasi-inovasi baru berupa produk nyata. Untuk kali ini, Google kembali menunjukkan hasil inovasinya yang berbentuk sepatu. Namun jangan salah. Sepatu yang didesain oleh Google ini bukan sepatu biasa. Layaknya Google yang bergerak di bidang teknologi, sepatu ini tentunya juga tidak jauh dari teknologi. Namun seperti apakah keunikan sepatu ala Google ini? Untuk mengetahui lebih jauh, berikut ulasannya.

Teknologi Canggih di dalam Sepatu

Jika berbicara mengenai teknologi, Google memang salah satu pemegang kendalinya. Dan kini Google membuat sepatu Adidas menjadi perangkat yang dipenuhi dengan teknologi canggih. Sepatu berbicara dari Google ini dilengkapi dengan speaker komputer, gyroscope, accelerometer dan sensor tekanan. Dengan teknologi tersebut, sepatu hasil inovasi Google ini mampu berbicara dengan pemakainya. Sebenarnya sepatu ini memang didesain untuk mendeteksi gerakan dari penggunanya. Saat penggunanya bergerak maupun tidak bergerak, sepatu ini akan menyampaikan maksudnya itu. Bahkan saat penggunanya tidak bergerak, sepatu ini akan mengatakan ketidaksukaannya itu. Menurut penjelasan dari Aman Govil yang merupakan kepala tim seni Google, sepatu ini sebenarnya merupakan produk eksperimen. Sepatu ini menunjukkan bagaimana pengguna menggunakan objek terhubung guna menceritakan cerita dalam web.

google-shoe-2

Dari Sepatu ke Internet

Secara unik, sepatu berbicara ini mampu terhubung ke internet melalui koneksi Bluetooth yang terhubung ke Smartphone. Selain itu sepatu ini juga mampu memberikan lokasi serta arah dengan menggunakan aplikasi peta Google. Tidak hanya itu, sepatu ini juga mampu memanfaatkan situs jejaring sosial sehingga pengguna bisa berbagi informasi tertentu ke teman-temannya. Teknologi seperti ini tentunya tidak murah. Dan patut diakui bahwa sepatu ini memang merupakan sepatu yang sangat mahal. Untuk pembuatannya sendiri sepatu ini membutuhkan dana yang cukup besar. Karena itu pihak Google mengatakan bahwa mereka tidak ada rencada untuk memasarkan sepatu berbicara ini. Bagi mereka ini lebih pada teknologi yang diharapkan mampu menunjang kesuksesannya di bisnis jejaring sosial dan periklanan. Bahkan pihak Google mengatakan bahwa pihaknya tidak berencana untuk mengembangkan sepatu ini lebih jauh ataupun berencana untuk merambah ke bisnis sepatu.

Sebenarnya jika teknologi ini memang dipasarkan, tentunya hanya akan ada beberapa orang saja yang berminat untuk memilikinya. Selain itu mungkin bagi sebagian besar orang perangkat seperti ini tidak terlalu berguna bagi mereka. Meski demikian, teknologi ini memang tetap mempesona. Bahkan bukan hal yang mustahil kalau sepatu berbicara ini akan menginspirasi Google untuk meningkatkan kualitas produk dan berinovasi pada hal-hal yang bisa dinikmati oleh pengguna secara umum. Apapun dampak dari eksperimen ini, tentunya banyak orang yang menantikannya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *