Rating Facebook Kalahkan TV di jam Prime Time

By on September 22, 2014
Facebook-Punya-Fitur-Business-Manager

Perkembangan media digital seperti portal berita dan media sosial, belakangan ini masih sangat mengandalkan pemasukan melalui iklan sebagai salah satu cara untuk mendapatkan pemasukan. Tapi di Indonesia sendiri, format media digital ini maish belum banyak dilirik para pengiklan karena sampai sekarang masih banyak sekali kendala yang menghalani upaya ini.

Nanda Ivens, yang merupakan CEO dari agensi iklan digital XM Gravity menyebutkan kalau Brand-brand saat ini masih sangat percaya dengan model iklan tradisional, yakni dengan menggunakan media cetak atau televisi, sehingga mereka masih sulit untuk digiring ke platform digital seperti website dan lainnya.

Walaupun begitu, Nanda mengungkapkan bahwa sampai saat ini, kebanyakan brand masih belum percaya efektivitas media digital, bahkan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter saja masih belum dipercaya mampu mendongkrak popularitas sebuah produk.

Hal ini jelas bertolak belakang dengan kenyataannya, bahkan menurut survei yang dilakukan oleh lembaga TNS Insight menyebutkan kalau masyarakat Indonesia lebih banyak menghabiskan waktunya mereka untuk mengakses media sosial ketimbang televisi dan radio, atau bahkan surat kabar.

Astiti Suhirman, yang merupakan Business Director TNS Insight menyebutkan kalau pagi-pagi jumlah pengakses Facebook dan televisi memang sama, tapi grafik pengguna Facebook akan lebih cepat meningkat dibanding televisi ketika jam makan siang, bahkan pada saat ini jumlah pengakses Facebook sudah dua kali lipat dari para pengakses televisi. Setelah itu, kemudian trend ini akan terus bergerak naik sampai akhirnya facebook mengalami puncak penambahan jumlah pengguna di malam hari.

Tidak hanya itu, masyarakat pun sekarang bahkan suka menonton TV sambil membuka Facebook, hal inilah yang membuat grafik pengguna facebook akan terus naik dan mengalahkan media hiburan lainnya.

Sementara itu, Anand Tilak yang merupakan Head of Facebook Indonesia menambahkan kalau dengan jumlah pengguna yang sangat besar seperti sekarang ini, Indonesia sebenarnya bisa menjadi negara yang pertumbuhan ekonomi digitalnya meningkat tajam. Bahkan hal ini merupakan kesempatan besar bagi para pelaku bisnis yang ingin memperluas jangkauan mereka melalui platform jejaring sosial populer Facebook.

Anand berpendapat bahwa saat ini Facebook memiliki beberapa tools yang dapat anda pergunakan untuk mengoptimalkan dan menyesuaikan upaya pemasaran produk-produk para pemasang iklan. Terlebih menurut data terbaru, Facebook saat ini menjadi platform jejaring sosial yang sangat banyak peminatnya, khususnya di Indonesia.

Saat ini, pengguna aktif Facebook di Indonesia setiap bulannya bahkan mencapai 69 juta orang, dan uniknya lagi, justru 61 juta pengguna facebook ternyata di dominasi oleh platform mobile. Mereka kebanyakan mengakses facebook lewat smartphone, tablet dan perangkat portable lainnya.

 3. Cara Cepat Baca Pesan Masuk Inbox FaceBook 1

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *