Rakuten Borong Saham AirAsia

By on July 3, 2014
1.Rakuten Borong Saham Air Asia.2

Rakuten merupakan salah satu perusahaan besar yang dikenal melalui layanan e-commerce nya. Rakuten baru saja mengumumkan secara resmi bahwa mereka telah membeli sebagian saham AirAsia Japan. Jumlah saham yang telah disepakati keduanya mencapai angka 18 persen.

AirAsia Japan sendiri merupakan sebuah maskapai penerbangan yang memfokuskan diri pada layanan penerbangan murah atau low cost carrier. Jadi ini merupakan bagian dari jaringan AirAsia yang akan segera meluncur di Jepang.

Jenis maskapai yang biasa dijuluki dengan budget airline ini memang sudah cukup populer, khususnya di kawasan Asia Tenggara. Di Asia Tenggara sendiri, pangsa pasar Air Asia ini mencapai 52 %. Oleh sebab itu, AirAsia Japan sepertinya ingin mencoba menangkap peluang yang serupa.

Untuk mengawali peluangnya ini, AirAsia Jepang akan memulainya untuk penerbangan domestik dan nantinya direncanakan akan berkembang ke rute lainnya. Pembelian saham AirAsia Jepang oleh Rakuten ini tentu dilandasi oleh beberapa tujuan. Jadi, Rakuten sebenarnya berniat untuk memperkuat Rakuten Travel melalui pembelian saham ini.

Rakuten Travel itu sendiri merupakan sebuah layanan perjalanan yang diklaim telah memiliki sebanyak 29.250 hotel yang menjadi anggotanya. Rakuten di Indonesia hadir melalui Rakuten Belanja Online yang diluncurkan di Indonesia sejak bulan Juni 2011 silam. Jadi layanan tersebut saat ini di Indonesia sudah memasuki usia 3 tahun.

“Rakuten sebagai pelopor untuk marketplace B2B2C tetap memiliki komitmen untuk menanam investasi di bidang teknologi dan layanan inovatif ketika memperluas ekosistem agar dapat memberikan nilai yang lebihb besar untuk bisnis kecil dan juga pelanggan Rakuten di Indonesia,” ucap General Manager Rakuten Belanja Online, Yasunobu Hashimoto.

Rakuten E-Commerce Index 2014 melaporkan bahwa perdagangan lewat perangkat mobile seperti  smartphone menjadi sebuah kekuatan yang mendorong perkembangan budaya e-commerce di Indonesia. Berdasarkan informasi tersebut diketahui 25 5 dari para pebelanja di Indonesia berbelanja lewat ponsel pintar atau smartphone mereka sedangkan sebanyak 15,5 % pebelanja lainnya berbelanja dengan tabletnya.

Jika dibandingkan dengan data E-Commerce Index pada tahun 2013 lalu, data terbaru ini menunjukkan adanya peningkatan sebesar dua kali lipat pada pebelanja online yang memakai ponsel pintar dan ada lima kali lipat pebelanja online yang berbelanja menggunakan tablet.

Selain itu, pertumbuhan yang signifikan ini juga terlihat dari kunjungan atau akses ke situs mobile Rakuten Belanja Online serta jumlah pemesanan yang dilakukan secara mobile di mana masing – masing mengalami peningkatan sebesar 546,8 persen dan 587,1 persen dari kuartal pertama tahun 2013 ke kuartal pertama tahun 2014.

Melalui pembelian saham AirAsia Japan oleh Rakutan, hal ini diharapkan akan membantu untuk semakin mengembangkan bisnis Rakutan. Pada bulan Februari lalu, perusahaan asal Jepang ini juga telah mengakuisi aplikasi Viver dari Siprus dengan nilai akuisi USD 900 juta atau Rp 10,7 triliun.

Sumber:http://tekno.kompas.com/read/2014/07/02/0729342/Rakuten.Beli.Saham.AirAsia 

rakuten, saham airasia, airasi, teknologi

BACA JUGA:

Ajang Google I/O Adalah Ajang Pameran Para Vendor Smartphone

Berkicau Lewat WhatsApp Akan Bisa Dilakukan Sebentar Lagi

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *