Raksasa TI Patungan Cegah Heartbleed Lain

By on April 26, 2014
2.Raksasa TI Patungan Cegah Heartbleed Lain 2

Beberapa waktu yang lalu, dunia dihebohkan dengan eksistensi Bug Heartbleed yang telah membuat banyak web yang menggunakan software OpenSSL kerepotan. Tidak hanya website-website kecil saja, beberapa perusahaan besar IT seperti Yahoo, Google, dan bahkan Facebook merasakan dampaknya. Untuk mencegah hal serupa terjadi kembali, perusahaan-perusahaan tersebut pada akhirnya memutuskan untuk bekerja sama dengan meluncurkan sebuah proyek senilai lebih dari 3.6 juta dollar AS.

Proyek tersebut akan diberi nama the Core Infrastructure Initiative dan pertama kali dicetuskan oleh perusahaan Linux Foundation. Adapun tujuan utama dibuatnya proyek tersebut adalah untuk menggalang serta menyalurkan berbagai macam dana demi perbaikan infrastruktur software di masa yang akan datang. Menurut Jim Zemlin, yang saat ini sedang menjabat sebagai Executive Directur untuk Linux Foundation, para developer yang sedang dan sudah mengembangkan software sejenis open source yang digunakan oleh infrastruktur teknologi dunia akan mendapatkan pendanaan tersebut. Dan pendanaan tersebut juga dikhususkan bagi mereka yang memiliki pendanaan yang cukup terbatas.

Beberapa perusahaan-perusahaan besar yang tercata ikut turut andil dalam proyek tersebut di antaranya adalah Cisco Systems, Facebook, Google, IBM, Amazon.com, Fujitsu, Intel, dan juga Microsoft. Perusahaan-perusahaan tersebut adalah mereka yang sudah bersedia dan telah menyatakan kesediaannya untuk turut andil dalam mendukung program tersebut. Tidak tanggung-tanggung, untuk menyatakan kesediaannya, perusahaan-perusahaan tersebut rela merogoh kocek dalam-dalam dan berkomitmen untuk menyalurkan dana sebesar 100 ribu dollar AS setiap tahunnya. Dan penyaluran dana tersebut akan terus bergulir paling tidak untuk jangka waktu tiga tahun ke depan.

hartbleed, cheat chat, gadget, aplikasi android, virus android

Dengan sekitar dua belas anggota yang sudah resmi bergabung ke dalam proyek the Core Infrastructure Iniative tersebut, maka setidaknya Core Infrastructure Iniative sudah mengantongi dana sebesar 3.6 juta dollar AS, dan kemungkinan akan terus bertambah apabila ada perusahaan-perusahaan lain yang ingin ikut ambil andil. Akibat dari kasus Heartbleed beberapa waktu lalu, OpenSSL akan menjadi prioritas utama adanya perbaikan dari proyek. Namun tentunya, dan pada akhirnya nanti, tidak hanya akan OpenSSL saja yang mendapatkan perhatian penuh dari Core Infrastructure Iniative, tetapi juga sistem lain seperti ModSSL, PGP, serta OpenCryptolab digadang-gadang akan mendapatkan dukungan dari proyek potensial tersebut.

Zemlin menambahkan, seperti yang dilaporkan oleh The Verge pada hari Kamis lalu, 24 April 2014, pada akhirnya nanti, apa yang bisa dipelajari dari kejadian kemarin diharapkan untuk mendapatkan temuan untuk mencegahnya. Ia tidak menyangkal bahwa ia berharap hal atau kejadian kemarin bisa dicegah jauh hari sebelumnya. Linux Foundation sendiri, menurut Zemlin, bukan lah sebuah tempat untuk menyalurkan dana pengembangan. Alih-alih hanya sebuah tempat untuk menyalurkan uang. Nantinya, the Core Infrastructure Iniative lah yang menentukan ke mana uang tersebut akan disalurkan.

hartbleed, cheat chat, gadget, aplikasi android, virus android

BACA JUGA:

HTC Bajak Chief Marketing Samsung

Akhirnya. Proses Akuisisi Nokia Oleh Microsoft Selesai

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *