Radiasi Ponsel Membahayakan

By on May 17, 2015
3. Radiasi Ponsel Membahayakan  1

Kebiasaan orang adalah tidur dengan ponsel yang berada tepat di sisi kepala, tahukah Anda bahwa hal tersebut berbahaya? Bahaya tersebut datang dari radiasi elektromagnetik yang dipancarkan oleh ponsel tersebut. Hal yang lebih berbahaya lagi adalah Anda menelefon berjam-jam dengan tanpa headset. Menelepon dengan menempelkan ponsel langsung ke telinga sama saja Anda membiarkan otak Anda terpapar radiasi ponsel secara langsung dan dari jarak dekat. Akibatnya bisa fatal, Anda bisa merasa pusing-pusing sampai dengan menurunya kinerja otak.

Menurut penelitan, bahaya radiasi ponsel juga bisa terjadi tak hanya pada kepala namun juga bagian tubuh yang lain seperti jantung dan hati jika Anda sering mengantongi ponsel di saku baju serta bahaya pada kesuburan Anda jika mengantongi ponsel di saku celana. Sebenarnya banyak orang yang telah tahu bahaya ini namun mereka tak peduli. Selain itu lebih banyak lagi orang yang tak tahu akan bahaya radiasi ponsel ini.

Oleh sebab itu sebaiknya masyarakat dididik agar tahu bahaya yang mengancam mereka ketika menggunakan ponsel dalam kegiatan sehari-hari mereka.Untuk mengetahui bahya radiasi ponsel adalah hak mutlak konsumen dan memberitahukan bahya tersebut seharusnya adalah kewajiban  vendor, retail dan penjual ponsel. Menurut dewan Kota Berkeley, bahaya ponsel (smartphone, tablet, dan gadget lain) harus diberitahukan kepada masyarakat.

Untuk hal tersebut maka dewan kota tersebut langsung membuat aturan hukum yang diberi tajuk “Hukum Hak Untuk Tahu”. Hukum tersebut berfungsi untuk mengharuskan para penjual ponsel baik penjual besar maupun kecil yang langsung berhubungan dengan konsumen pengguna ponsel tersebut. Mereka diharuskan untuk memberitahukan bahaya radiasi ponsel tersebut di gerai toko mereka dan menempelkan stiker pada kemasan ponsel yang mereka jual.

Peringatan yang harus ditulis oleh para penjual ponsel dan ditempelkan tersebut paling tidak harus mengatakan bahwa jika seorang pengguna mempergunakan atau menyimpan ponsel mereka  di saku kemeja atau celana dan ponsel tersebut dalam kondisi hidup maka mereka akan terpapar radiasi signal yang lebih tinggi dari aturan yang ditetapkan oleh Federal.

Bahkan badan kesehatan dunia WHO juga pernah memberikan peringatan jika radiasi ponsel yang berlebihan bisa meningkatkan resiko kanker. Tak hanya itu, Exeter University juga telah memuat jurnal yang membuktikan jika paparan elektromagnetik dari ponsel menurunkan keaktifan gerak sperma sebesar 8% dan hal tersebut artinya kualitas sperma tak lagi cukup baik untuk mencapai telur dan membuahinya.

Mungkin di Indonesia harus ada peraturan yang mengharuskan penjual  ponsel menginformasikan bahaya radiasi ponsel tersebut kepada konsumen sehingga ponsel tak lagi diletakkan dekat dengan kepala serta jika menelepon pada waktu yang lama disarankan memakai headset yang berfungsi menjauhkan ponsel dari sisi telinga pengguna.

 Radiasi Ponsel

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *