Qualcomm dan WPC Bergabung untuk Satukan QI dan A4WP

By on September 22, 2013
qualcomm

Qualcom, salah satu anggota pendiri Aliansi Power Wireless (A4WP) membuat kejutan pada dunia baru-baru ini. Pasalnya Qualcom dikabarkan bergabung dengan pesaing terberatnya, WPC (Wireless Power Consortium). Kita semua tahu bahwa WPC ini adalah perusahaan komersil yang sudah memiliki standard QI. Tentu saja kerjasama ini sangat menarik mengingat bagaimana keduanya bersaing secara terbuka satu sama lain dan hingga sekarang belum ditentukan perusahaan mana yang terbaik dari keduanya.

Dengan adanya kerjasama ini, tampaknya Qualcomm memiliki tujuan dibalik keputusannya untuk bergabung dengan  perusahaan WPC. Sementara itu, QI sekarang didukung oleh 172 perusahaan. Ada beberapa spekulasi yang melatarbelakangi disepakatinya kerjasama antara Qualcom dan WPC. Salah satunya adalah  ‘gen pertama’, yaitu metode pengisian induktif, saat ini sangat sensitif terhadap kombinasi perangkat pada perangkat pengisian meskipun sudah dibuat terobosan baru.

Spekulasi lainnya adalah bahwa QI hanya mampu menghasilkan daya maksimal 5 W yang mana kapasitas daya 5W tersebut masih sangat bergantung pada kumparan dan frekuensi operasi. Kemungkinan besar daya ini masih belum cukup untuk mengisi ulang daya perangkat yang besar. Misalnya saja adaptor USB 10W, iPad membutuhkan daya hingga berjam-jam untuk men-charge penuh. Padahal total daya adaptor USB ini hanya bisa men-charge setengah dari total power iPad ini.

Jika kedua perusahaan tersebut bergabung, keduanya akan menghasilkan perangkat charge yang jauh lebih canggih. A4WP telah menciptakan perangkat output dengan kapasitas 24W, sedangkan WPC telah menciptakan perangkat charger dengan kapasitas daya medium, yaitu 15W yang diciptakan khusus untuk perangkat laptop dan perangkat output charger daya lainnya.

Melihat masing-masing perangkat di atas, keduanya memiliki standard yang berbeda. A4WP adalah perangkat yang mampu menstimulus perangkat yang sedang diisinya. Perangkat pengisian daya ini membutuhkan perangkat daya lainnya yang terpasang di pad yang sama. Dengan kata lain perangkat pengisian daya ini membuat pemilik device bebas menggunakan perangkat daya.

Berbeda dengan A4WPm QI menggunakan sistem desain perangkat pengisian daya yang mampu mengontrol satu persatu device untuk mengoptimalkan efisiensi. Jadi daya yang diberikan tergantung pada seberapa banyak daya yang dibutuhkan oleh device tersebut. Dan bahkan bisa mencharge device hingga daya maksimal yang dibutuhkan.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *