Pusat Data Baru Facebook Hadir di Clonee

By on January 28, 2016
1. Pusat Data Baru Facebook Hadir di Clonee 1

Facebook masih terus mengembangkan pusat data mereka untuk melayani penggunanya yang kian hari kian bertambah. Menurut kabar terbaru. Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini akan menambah pusat data baru yang terletak di Clonee, Irlandia. Menurut Zuckerberg sendiri, pusat data baru ini akan menjadi pusat data dengan efisiensi energi paling maksimal serta paling canggih di dunia.

Zuckerberg bahkan mengatakan 100 persen energi yang digunakan pusat data ini adalah energi terbarukan atau energi ramah lingkungan. Hal ini sesuai dengan komitmen Zuckerberg yang bertemu dengan Bill Gates beberapa saat yang lalu untuk menerapkan konsep green energy pada pengembangan teknologi mereka.

Penerapan konsep ini dapat dilihat dari sistem pendingin ruangan yang digunakan pada pusat data baru ini. Sepert dilansir Techcrunch.compada Selasa 26 Januari 2016 yang lalu, pusat data di Clonee ini akan menggunakan udara luar ruangan sebagai pendingin ruangan.

Yang menajdi masalah, lokasi dari pusat data baru ini dekat dengan Laut Irlandia. Artinya, kadar garam di udara di luar ruangan tentunya sangat tinggi, yang tidak memungkinkan untuk dijadikan udara untuk pendingin ruangan. Namun, pihak Facebook mengungkapkan bahwa sistem pendingin ini akan berbeda dari pusat data lainnya, seperti Swedia, yang juga menggunakan konsep ramah lingkungan.

Pada pusat data di Clonee ini, Facebook akan menggunakan sistem pendingin tidak langsung. Sistem pendingin ini akan menyaring udara untuk menghilangkan kadar garam yang tinggi. Pada akhirnya, udara ini dapat digunakan sebagai pendingin ruangan ramah lingkungan.

Selain pendingin ruangan, pihak Facebook juga bekerjasama dengan pihak ketiga untuk pengembangan pusat data baru ini. Mereka akan bekerjasama dengan Open Compute Project untuk pengadaan hardware dan software di pusat data ini.

Fakta menarik dari pusat data baru di Clonee ini adalah pusat data ini menjadi yang kedua yang terletak di Eropa setelah pusat data di Lulea, Swedia. Pusat data di Lulea sendiri sudah dibangun dan digunakan pada tahun 2013 yang lalu. Sedangkan untuk pusat data baru di Clonee ini, pihak Facebook mengungkapkan setidaknya pada awal 2018 mendatang, sudah dapat mulai bekerja secara online.

Selain dua pusat data di Eropa tersebut, terdapat pula empat pusat data lainnya yang juga sudah dibangun oleh Facebook. Empat pusat data Facebook yang sudah ada dan beroperasi, terletak di Oregon, yaitu Prinveville Data Center serta Altoona Data Center yang terletak di Iowa. Dua lainnya adalah Fort Wort Data Center yang ada di Texas dan Forest City Data Center di Carolina Utara. Pertanyaan besarnya adalah apakah mungkin Facebook akan membangun pusat data baru mereka di Indonesia mengingat besarnya jumlah pengguna Facebook di tanah air?

Pusat Data Baru

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *