Protes Untuk Google Glass Dalam Iklan yang Konyol

By on May 1, 2014
1200306iklan21780x390

Sampai saat ini kontroversi seputar kacamata pintar Google Glass masih terus bergulir di masyarakat, setelah beberapa aksi penolakan atas kehadiran kacamata pintar tersebut, kini sebuah video penolakan terhadap Google Glass telah diangkat menjadi sebuah tema iklan dari perusahaan perbankan FirstBank di Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu.

Seperti yang dilansir dalam laman situs Mashable pada edisi Rabu 30/04/2014 kemarin, iklan yang berbentuk video tersebut secara jelas menampilkan suasana makan malam empat orang dalam sebuah keluarga yang terlihat cukup bahagia. Dalam video tersebut terlihat semua anggota keluarga berisi sepasang orang tua serta anak lelaki dan perempuan dengan menggunakan kacamata pintar serupa dengan Google Glass yang saat ini sedang ramai di perbincangkan.

Dalam video tersebut digambarkan berbagai kekacauan segera terjadi ketika masih dalam suasana makan karena masing-masing dari mereka terlihat saling tidak peduli dengan anggota keluarga lainnya dan tampak sibuk sendiri dengan Google Glass di kepala mereka. Dalam video tersebut terlihat sang ayah yang menggunakan gestur dan perintah suara untuk menjelajah internet untuk menemukan apa yang dia cari, sementara sang istrinya sibuk melihat-lihat resep sembari menuang makanan yang akhirnya harus meleset dari piring satu ke piring lainnya.

Sementara itu, terlihat juga si anak perempuan yang terus sibuk memotret makanan dan secara terus menerus mencantumkan tag lewat perintah suara yang kini menjadi andalan Google Glass. Dia juga terlihat sibuk mengupload hasil foto-fotonya tersebut dan sibuk berbalas komentar dengan teman-temannya. Adapun untuk adiknya yang digambarkan sebagai anak lelaki di kehidupan modern ini tak henti-henti terus menggerakkan tangannya tanpa diketahui tujuannya, entah sedang melakukan apa, bisa dikatakan dia mungkin sedang bermain game virtual reality yang sangat mengagumkan tersebut.

Dengan sederet kekacauan dan ketidak pedulian antara satu keluarga dengan yang lainnya, sang pembuat video ini menyematkan ending yang sangat manis. Dalam bagian akhir video ini menampilkan tagline yang berbunyi Kembalilah ke dunia nyata, hal ini sebgaai gambaran seolah-olah mengesankan bahwa para pemakai kacamata pintar ini tidak pernah mempedulikan lingkungan sekitarnya dan akan selalu sibuk dengan dunia yang ada dibalik kacamata pintar ini.

Walaupun sebenarnya tidak berkaitan secara langsung dengan kacamata pintar Google Glass, tapi iklan ini ini sedikit banyak telah berhasil mewakili persepsi publik yang sekarang ini secara perlahan-lahan terbentuk tentang kacamata pintar seperti Google Glass dan mmungkin yang lainnya. Sebenarnya pihak Google sendiri menyadari adanya label negatif yang dilekatkan ke pengguna Glass. Makanya raksasa internet ini pun pada Februari lalu langsung mengeluarkan daftar panduan bagi para pemakai Glass supaya mereka tidak terlihat aneh di depan orang banyak.

1. Kontroversi Google Glass Seharga Rp. 17 Juta 1

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *