Proses Akuisisi Nokia oleh Microsoft Akhirnya Selesai

By on April 28, 2014
2.Proses Akuisisi Nokia oleh Microsoft Akhirnya Selesai1

Kabar baik datang dari pihak Microsoft. Pasalnya, pada hari Jumat, 25 April 2014 pihaknya telah menyelesaikan segala proses pembelian unit bisnis ponsel dan layanan milik Nokia. Tidak tanggung-tanggung, nilai perjanjian akuisisi ini mencapai angka US$7.2 milar.

Dalam hal ini, akuisisi Nokia oleh Microsoft sendiri sudah diumumkan sejak bulan September tahun lalu. Sayangnya, proses akuisisi ini sempat terhambat. Hambatan datang dari regulasi yang berakibat tidak bisa diselesaikannya proses akuisisi secara tepat waktu.

Proses tersebut baru bisa dilanjutkan kembali setelah adanya persetujuan dari pihak agensi pemerintahan di seluruh dunia. Satya Nadella selaku CEO Microsoft menyatakan bahwa divisi perangkat keras dan layanan Nokia sudah menjadi keluarga Microsoft.

Diharapkan, kemampuan mobile dan aset yang dibawa oleh pihak Nokia akan mampu membantu transformasi pihak Microsoft. Dari prosesakuisisi Nokia oleh Microsoft ini didapat kesepakatan mengenai nama baru divisi tersebut.

nokia, miecrosoft, akuisisi nokia, gadget, teknologi

Nama baru divisi tersebut adalah Microsoft Mobile Oy. Oy sendiri merupakan bahasa Finlandia yang berarti sahamnya tidak dimiliki oleh public sama halnya seperti Ltd atau Limited dalam bahasa Inggris. Nantinya divisi ini akan dioperasikan secara terpisah sebagai anak perusahaan.

Sebaliknya, dengan adanya kabar selesainya proses akuisisi maka kiprah Nokia sebagai produsen telepon genggam juga dinyatakan berakhir. Perlu Anda ketahui bahwa sebelumnya, Nokia sempat menjadi rajanya ponsel di seluruh dunia selama lebih dari 1 dekade.

Lalu, bagaimana dengan nasib brand Nokia dan Lumia? Sampai saat ini pihak Microsoft masih belum memberikan keterangan resmi perihal nasib kedua brand yang sangat melejit di masanya tersebut. Hal ini memang terkait dengan kejelasan brand ponsel Nokia dan Lumia yang sudah diluncurkan setelah proses akuisisi selesai.

Microsoft hanya mengatakan bahwa hal tersebut akan direncanakan dan dibicarakan kemudian. Setelah proses akuisisi Nokia oleh Microsoft ini selesai, Nokia akan kembali meneruskan 3 bisnis terdahulu yaitu infrastruktur networking atau NSN, layanan peta atau HERE maps dan Advanced Technologies atau pengembangan dan lisensi teknologi.

Tidak hanya itu, rupanya, Microsoft juga akan membawa serta sekitar 25.0000 orang karyawan milik Nokia. Angka ini lebih sedikit dari rencana awal yaitu mencapai 32.000 orang karyawan. Dampak paling kentara setelah proses akuisisi ini adalah pihak yang juga merupakan produsen Windows ini akhirnya menjadi raja untuk produk ponsel.

Angka pengkapalannya sangat fantastis yaitu mencapai 250 juta handset. Bahkan, jumlah ini membuat Microsoft bertengger tepat di bawah Samsung yang masih berada di puncak. 30 juta ponsel dari jumlah tersebut merupakan ponsel berbasis Windows Phone atau Lumia yang memang besutan Microsoft.

Sedangkan lainnya adalah ponsel seri Asha dan Android Nokia X. Pada akhirnya, perusahaan tersebut juga menjadi pabrikan hardware paling besar di bisnis handset Windows Phone dengan platform buatan sendiri.

nokia, miecrosoft, akuisisi nokia, gadget, teknologi

BACA JUGA:

Akhirnya. Proses Akuisisi Nokia Oleh Microsoft Selesai

Microsoft Akhirnya Selesaikan Proses Akuisisi Divisi Perangkat dan Layanan Nokia

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *