Persaingan Megapixel pada Smartphone

By on December 5, 2013
2.Persaingan Megapixel pada Smartphone1

Salah satu elemen penting untuk sebuah kamera digital adalah megapixel atau MP. MP sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan. Ternyata, saat ini MP tidak hanya penting untuk kamera digital tetapi juga untuk smartphone. Alhasil, perang megapixel terjadi di ranah ponsel pintar. Tengok saja Nokia Lumia 1020 dan Xperia Z1.

Masing-masing ponsel ini memiliki kamera dengan kekuatan 41 MP dan 20 MP. Melihat hal itu, Samsung juga tidak mau kalah. Menurut kabar yang beredar, Samsung sedang merencanakan gadget baru bernama Smartphone Galaxy Android di tahun 2014 mendatang. Fitur kamera yang disematkan dalam ponsel pintar tersebut adalah 16 MP dan 20 MP.

Untuk resolusi 16 megapixel, Samsung rencananya akan menggunakannya pada smartphone Galaxy S5. Sedangkan untuk kamera 20 MP masih disiapkan untuk gadget di semester dua 2014. Samsung tidak main-main dalam hal memasang kamera 16 MP tersebut. Menurut prediksi pihaknya, akan ada 90 juta smartphone Samsung dengan kamera standar kelas atas yang akan terjual pada tahun depan.

Sama halnya dengan vendor lain, Samsung juga terus mencoba berkembang dengan menghadirkan kamera dengan resolusi tinggi hingga 20 MP di tahun depan. Beberapa kalangan memberikan penilaian terhadap apa yang dilakukan oleh Samsung tersebut. Salah satunya adalah Digital Trend yang menyatakan bahwa langkah yang dibuat Samsung tersebut karena pihaknya tidak mampu mengembangkan fitur contohnya OIS atau sistem stabilitas gambar optik.

Tentunya, hal ini mengakibatkan vendor ini kalah saing dengan vendor besar smartphone lainnya. Awalnya, desas-desus mengatakan bahwa fitur OIS tersebut akan disematkan pada smartphone Galaxy S4 dan Note 3. Sayangnya, pemasok komponen menolak permintaan Samsung. Alasannya, Samsung setidaknya membutuhkan 50 juta modul OIS untuk menyematkannya di Galaxy S4 dan hal itu dinilai terlalu tinggi bagi pemasok komponen.

Persaingan fitur ini memang terbilang sengit apalagi saat ini pengguna Smartphone sudah merambah ke berbagai kalangan termasuk mereka yang sangat menyukai fotografi. Selain vendor-vendor di atas, LG dan Apple adalah 2 vendor lain yang menaruh perhatian penuh pada kapasitas resolusi kamera gadget mereka.

Bahkan, dikabarkan jika pasar kamera digital menjadi menurun dengan hadirnya Smartphone dengan kamera resolusi yang hampir sama dengan produk kamera digital. Memang, awalnya Smartphone hanya fokus pada fitur aplikasi dan teknologi. Tapi pada perkembangannya, Smartphone ikut bersaing dipicu oleh Nokia, Sony dan Samsung yang merilis smartphone dengan resolusi megapixel kamera yang besar.

Kabar baiknya lagi, pasar merespon hal tersebut dengan sangat baik. Pengguna sangat puas saat melihat hasil jepretan pada layar smartphone mereka. Bahkan, mereka juga tidak malu-malu untuk menguploadnya di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter atau Instagram. Melihat respon pasar tersebut, nampaknya persaingan megapixel akan semakin sengit saja.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *