Perkiraan Pendapatan Google dari Mesin Uang Barunya

By on November 27, 2013
3.Perkiraan Pendapatan Google dari Mesin Uang Barunya2

Perkembangan aplikasi-aplikasi teknologi melaju sangat pesat seiring dengan berkembangnya teknologi itu sendiri. Salah satunya adalah persaingan antara aplikasi iOS dan aplikasi Android. Memang, jika dilihat dari statistik penggunaan dan penjualan maka aplikasi iOS lebih laku dibandingkan dengan aplikasi Android.

Namun, Google menyatakan bahwa aplikasi-aplikasi Android tersebut justru akan menjadi mesin uang baru bagi Google khususnya untuk masa yang akan datang. Penyedia layanan search engine paling terkenal ini memprediksi bahwa aplikasi Android yang sudah ada di toko Google Play Store akan laku keras di pasaran.

Dengan kondisi tersebut aplikasi tersebut akan mendatangkan pemasukan bagi Google. Prediksi ini bukan tanpa alasan. Ini sangat erat kaitannya dengan perkembangan dan pertumbuhan perangkat Android di pasar dunia. Analis dari Citigroup, Mark May menyatakan prediksinya bahwa di tahun 2013 nanti akan ada lebih dari 900 juta perangkat Android.

Angka ini merupakan angka yang fantastis dan akan menghasilkan pemasukan yang cukup signifikan bagi Google. Jika dihitung secara materi, rata-rata satu pengguna Android yang membeli aplikasi akan menghasilkan pemasukan sebesar 4.59 dollar Amerika Serikat. Tahun ini saja, Google sudah mendapatkan pemasukan dari aplikasi Android sebesar 1.3 miliar dollar AS.

Lebih lanjut, May mengungkapkan bahwa di tahun 2014 mendatang toko Google Play Store juga akan mendapatkan pemasukan hingga mencapai 2.2 miliar dollar AS hanya dari aplikasi yang dibeli oleh pengguna Android. Bahkan, May memprediksi hasilnya akan semakin melonjak signifikan yaitu sebesar 5.2 miliar dollar AS pada tahun 2017 mendatang.

Tentu saja, hasil tersebut datang dari berbagai arah seperti dari pengembangan aplikasi ataupun penjualan aplikasi khususnya yang menggunakan sistem penjualan aplikasi dalam bentuk digital. Sistem ini biasa disebut dengan in-app-purchase. Pendapatan ini belum termasuk pendapatan dari layanan Google AdSense.

Layanan iklan mobile Google ini sepertinya akan mengalami kenaikan hingga mencapai 997 juta dollar AS di tahun 2014 nanti. Bahkan, diperkirakan pendapatan tersebut meningkat sekitar 1.9 miliar dollar AS pada tahun 2017 mendatang. Jika saat ini pendapatan yang didapat oleh Google dari aplikasi Android masih belum signifikan, itu semata-mata karena publik dan investor masih tidak terlalu memperhatikan tingkat pertumbuhan Google Play Store.

Saat ini, mereka masih sibuk berkutat dengan toko aplikasi Apple App Store dan iklan mobile Facebook saat akan membeli aplikasi secara digital. Jadi, kita tunggu saja bagaimana kelanjutan pendapatan Google dari aplikasi Android tersebut. Apakah prediksi di atas akan benar-benar terjadi?

Kemungkinan akan selalu ada khususnya jika animo pengguna aplikasi dari Android terus bertambah dari hari ke hari. Mungkin saja Anda juga salah satu pengguna aplikasi dari sistem operasi Android ini. Itu artinya, Anda menyumbang pemasukan bagi Google.

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *